Fenomena Blue Fire dan Blue Sapphire di Kawah Ijen

Wisata Alam Jawa Timur - Kejadian alam yang cantik dari penampakan blue fire dan blue sapphire hanya ada di Kawah Ijen, Banyuwangi

Blue Fire di Kawah Ijen
Pemburu Blue Fire di Kawah Ijen
Kawah Ijen, berupa danau kawah asam terbesar di dunia yang berada di Jawa Timur. Dibentuk oleh gunung api kembar dengan Gunung Merapi yang telah padam. Kawah Ijen merupakan salah satu panorama alam yang terindah di Indonesia, didasar kawah asap belerang mengepul sehingga menjadikan aroma di sekitar kawah berbau belerang.

Kawahnya berbentuk elips, karena terjadinya perpindahan pipa kepundan, berukuran kurang lebih 960 x 600 m, berada pada ketinggian 2.148 m.dpl, dan kedalamannya 200 m. Di dalam kawah gunung ini terdiri atas endapan batuan sisa letusan. Tebing - tebing terjal mengelilingi kawah dan bila kita ingin menuju ke kawah kita harus melalui jalanan di sekitar tebing yang biasa dilalui penambang belerang. Kawasan Kawah Ijen merupakan sebuah dataran tinggi, terdiri dari bukit Gunung Merapi (2.799 m.dpl) yang terletak bersebelahan.

Gunung Ijen
Cuaca Cerah tanpa kabut di Gunung Ijen

Malam dapat Blue Fire dan Siang dapat Biru Sapir

Kawah Ijen merupakan kaldera terbesar di Indonesia, dan sampai sekarang bijih belerangnya ditambang secara tradisional. Kaldera Ijen juga memiliki potensi panas bumi yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.

menyorot blue fire kawah ijensi api biru kawah ijen

Kawasan Gunung Ijen memang bisa didatangi saat malam atau pun siang hari. Ada dua karakter berneda yang bisa diraih dari Ijen saat malam dan siang. Saat malam hari, tepatnya pas midnight pukul 00.00 adan akan mendapatkan keindahan langit malam yang begitu romantis dengan taburan bintang yang menyinari dari galaksi. Tidak itu saja, fenomena alam menarik lainnya berupa blue fire atau api biru yang bergelora dari kawahnya hanya bisa disaksikan pada malam hari.

Ketika datang siang hari, Anda akan mendapatkan pemandangan cerah langit biru dengan telaga Ijen yang mempesona. Telaga yang sangat luas di kawahnya dengan kandungan belerang yang amat tinggi, membuat warna telaga ini cantik dalam nuansa toska atau juga disebut biru pirus (Bahasa Inggris: Turquoise) adalah warna perpaduan antara biru yang sedikit kehijau-hijauan.

Warna ini merupakan warna lautan atau samudera. Kata turquoise ini datang dari kata dalam bahasa Perancis untuk "Turkish", karena batu pirus aslinya diimpor bangsa Eropa melalui Turki. kode Triplet hex #40E0D0, RGB (64, 224, 208) dan CMYK (71, 0, 7, 12)

rute ke telaga ijen
Jalur curam menuju Telaga Ijen

Jalur Transportasi menuju Kawah Ijen

Untuk menuju Kawah Ijen, terdapat dua jalur utama, yaitu dari arah Bondowoso-Wonosari dan Banyuwangi-Licin. Dari arah Bondowoso mobil bisa mencapai Pal Tuding yang merupakan awal pendakian, sedangkan dari arah Banyuwangi kita harus berjalan 4 jam dari Desa Jambu untuk mencapai Pal Tuding, karena jalan aspal dari Jambu menuju Pal Tuding sedang dibuat.

Transportasi dari Bondowoso

Dari Sempol kita menuju ke Pal Tuding yang berjarak 13 Km, perjalanan membutuhkan waktu 30 menit dengan kendaraan. Karena tidak ada kendaraan umum, untuk menyingkat waktu, dianjurkan untuk menyewa kendaraan dari Wonosari atau Sempol sampai ke Pal Tuding. Perjalanan menuju Pal Tuding ini kita melewati padang rumput dan kebun kopi yang sangat luas.

Jeep Tropher Ijen
Jeep offroad yang sering digunakan antar jemput menuju Kawah Ijen
Di Pal Tuding kita harus melaporkan pendakian kita kepada petugas PHPA, dan membeli tanda masuk. Kita bisa menginap di Pos PHPA ini dengan biaya sekedarnya, juga menyewa sleeping bag bila diperlukan. Dianjurkan untuk menginap di Pos PHPA ini, atau di Sempol, karena perjalanan ke Kawah Ijen hanya 2 jam saja dari Pal Tuding.

Dari Pal Tuding perjalanan terus menanjak melintasi jalan yang cukup lebar dengan pemandangan hutan alam yang indah. Diperlukan waktu 1,5 jam maka kita akan sampai di Pondok Penambangan Belerang. Pondok ini dibuat kantor penampungan hasil belerang yang di dapat dari kawah. Di tempat ini kita bisa membeli minuman dan makanan ringan. Dari Pondok ini hanya diperlukan waktu 0,5 jam lagi melewati jalanan yang datar kita akan sampai di Kawah Ijen.

Transportasi dari Banyuwangi

Dari kota Banyuwangi, kita menuju ke terminal Sasak Perot/Banjarsari dengan naik bemo. Dari Sasak perot kita ganti kendaraan minibus ke jurusan Licin. Dari desa Licin kita menuju kearah Sodong lewat Jambu dengan naik Truk perkebunan atau ojek dan bisa juga dengan travel karena jalanan mudah di lalui oleh kendaraan.

kawah ijen

Perjalanan melewati perkebunan kopi dan cengkeh serta hutan tropika yang indah. Jarak Licin ke Sodong 8 Km (2,5 Jam). Setelah tiba di Sodong kita melanjutkan perjalanan lagi menuju ke Paltuding dengan Truk/Ojek. Paltuding merupakan tempat bertemunya jalur lewat dari arah Bondowoso dan arah Banyuwangi.

Kalau punya cukup waktu, bila memulai perjalanan dari arah Bondowoso, dianjurkan turun ke arah Banyuwangi, selain transportasi umum lebih mudah di Jambu, juga bisa menikmati pemandangan hutan alam yang indah disepanjang perjalanan dari Pal Tuding ke Jambu, juga sekaligus menikmati pemandangan alam pantai Selat Bali di Banyuwangi - Ketapang yang berpantai landai.

Dari punggungan kawah sejauh mata memandang kita bisa menyaksikan gunung-gunung di sekelilingnya dengan jelas, di sebelah kiri kita memandang Gunung Padak, Gunung Widodaren (2.601 m.dpl) dan sebelah kanan kita memandang Gunung Merapi (2.800 m.dpl).

Dari Banyuwangi kita bisa meneruskan perjalanan ke Baluran atau Taman Nasional Alas Purwo untuk menyaksikan habitat terbesar di Jawa untuk Kerbau Liar, Rusa dan Banteng. Kita juga bisa meneruskan perjalanan ke Pulau Bali.

Kawasan Kawah Ijen mempunyai panorama alam yang sangat indah. Suhu di sekitar kawah Ijen dapat mencapai 12 - 18 C dan Curah hujannya mencapai 3.000 - 4.000 mm/tahun. Di sekitar lereng kawah terhampar pohon Manisrejo yang berdaun kemerahan, sedangkan batuan dinding kawah berwarna belerang, kekuningan, kondisi-kondisi inilah yang membuat panorama alam disini begitu mengesankan untuk dinikmati.

Kawah Ijen adalah salah astu wisata yang cukup memiliki tantangan. Untuk tiba disana, kita harus melalui tanjakan dan jalan berliku sejauh 3 km. Perlu beberapa persiapan seperti sepatu gunung, jaket, masker dan tentunya kondisi fisik yang prima.

Tips Pendakian Midnight show ke Kawah Ijen


kepulan asap belerang dari kawah ijen

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk kesempurnaan Anda datang ke Kawah Ijen
  • Sebaiknya datang pada dini hari dan menanjaklah sebelum fajar meninyingsing untuk mendapatkan gambaran blue fire secara langsung. Perlu memperhitungkan durasi perjalanan yang harus ditempuh, prediksi 3 jam untuk menempuh 3 km sangat cukup bagi yang jarang jalan kaki.
  • Bagi pemula, akan lebih nyaman dan aman jika membawa pemandu yang tentu saja sudah hafal terhadap medan yang akan ditempuh. Tersedia juga jasa tandu yang diusung oleh 4 orang pulang pergi.
  • Ketika sudah sampai puncaknya, tunggulah saat fajar menyingsing, pastikan Anda menyaksikan keindahan ronda mentari pagi di sudut timur Kawah Ijen, saat matahari muncul sempurna keindahan telaga juga dapat Anda nikmati.
  • Gunakan jaket, masker, topi rajut dan tentu saja sepatu khusus untuk mendaki agar lebih nyaman sepanjang pendakian.
  • Jangan lupa bawa air minum secukupnya, Anda cukup membawa tas kecil (daypack) jika diperlukan.
Penambang Belerang
Dua penambang melintas bukit mendulang Belerang 
  • Pastikan Anda dalam kondisi fit, tidak memiliki resio penyakit jantung dan penyakit berat lainya, apalagi asma atau paru-paru. Bagi beberapa orang yang sensitif asap belerang yang keluar dari kawah sangat mengganggu kesehatan.
  • Bawalah kamera, karena setiap momen di perjalanan pendakian Anda akan sangat berharga.
  • Bawalah penerangan berupa lampu senter minimal satu untuk dua orang karena area pendakian sangat gelap jika kebetulan tidak nampak bulan.
  • Melangkahlah secara perlahan namun konsisten. Tidak perlu berlari, namu terus berjalan dalam langkah kecil untuk menghindari Anda dari kehabisan tenaga secara cepat.
  • Bawa uang secukupnya saja. Di saat pendakian Anda bisa menemukan warung sekedar untuk melepas lelah atau uang tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli kerajinan belerang yang cukup cantik sebagai buah tangan.
  • Jangan lupa membawa jas hujan untuk persiapan, jika hujan cukup lebat, urungkan niat Anda untuk sampai ke Kawah Ijen karena pendakian sangat licin dan tentu saja berbahaya.


COMMENTS

open trip green canyon
explore green canyon
Nama

adventure agrowisata aktivitas baluran bandung banten body rafting bromo budaya lokal cagar alam candi destinasi dieng field trip gunung headline jeram keluarga konservasi lansekap malang malang selatan pangandaran pulau harapan pulau seribu river tubing safari satwa liar sendangbiru sunrise sunset taman nasional travel story trekking wisata alam wisata anak wisata edukasi wisata jawa barat wisata jawa tengah wisata jawa timur wisata kota wisata pantai wisata pulau wisata sejarah
false
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Fenomena Blue Fire dan Blue Sapphire di Kawah Ijen
Fenomena Blue Fire dan Blue Sapphire di Kawah Ijen
Wisata Alam Jawa Timur - Kejadian alam yang cantik dari penampakan blue fire dan blue sapphire hanya ada di Kawah Ijen, Banyuwangi
http://2.bp.blogspot.com/-pW2y2GvBH4c/VSE9v3AZCdI/AAAAAAAAEYU/AvZO6r3uXOQ/s640/bluefire_kawahijen.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-pW2y2GvBH4c/VSE9v3AZCdI/AAAAAAAAEYU/AvZO6r3uXOQ/s72-c/bluefire_kawahijen.jpg
Wisata Pulau Jawa
http://www.tourdejava.net/2015/04/blue-fire-di-ijen-crater-banyuwangi.html
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/2015/04/blue-fire-di-ijen-crater-banyuwangi.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home Berikutnya.. POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy