$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Wisata Pulau Tidung, Liburan Bertema Bahari Di Kepulauan Seribu Jakarta

Wisata Pulau Tidung - merupakan salah satu destinasi favorit yang terletak di sebelah Selatan Kepulauan Seribu DKI Jakarta

wisata di pulau tidung kepulau seribu jakarta
Pulau Tidung, saat ini pulau indah yang berada di wilayah Kepulauan Seribu Selatan ini menjadi salah satu tujuan Wisata favorit di Pulau Seribu. Pemandangan nya yang indah, aktivitas seru yang disuguhkan, jarak nya yang relative dekat, dan masih banyak alasan lain nya membuat para wisatawan memilih Pulau Tidung sebagai destinasi wisata.

Sekilas Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau berpenghuni yang lokasinya berada di kawasan Kepulauan Seribu Selatan, dengan luas wilayah sekitar 107 Hektar dan memiliki jumlah penduduk kurang lebih sebanyak 5000 jiwa dari 1200 Kepala Keluarga.

Pulau Tidung adalah sebuah Kelurahan yang berada dibawah pemerintahan Kecamatan Kepualauan Seribu Selatan, Kabupaten Adminstratif Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Pulau Tidung menaungi 6 Pulau kecil yang berada disekitar nya yaitu :
  • Pulau Tidung Besar
  • Pulau Tidung Kecil
  • Pulau Payung Besar
  • Pulau Payung Kecil
  • Pulau Karang Beras
  • Pulau Laki
Dari ke enam pulau yang berada dibawah naungan Kelurahan Pulau Tidung, hanya Pulau Tidung Besar dan Pulau Payung besar yang merupakan pulau berpenghuni.

Asal Nama Pulau Tidung

Pada zaman penjajahan, pemerintah Belanda menawan seorang Raja yang memimpin sebuah suku di Kalimantan pada waktu itu. Keberanian raja tersebut menentang dan memberontak pemerintah Belanda pada masa itu, akhirnya membuat sang raja di asingkan dari sukunya dan di pindahkan ke salah satu Pulau yang berada di Teluk Jakarta.

Raja tersebut dikenal dengan nama Raja Pandita yang berasal dari Kalimantan sebagai pemimpin suku Tidung. Nama Suku yang dipimpin oleh Raja Pandita tersebutlah akhirnya yang dijadikan sebagai nama Pulau Tidung yang berada di kepulauan Seribu Selatan ini.

Cara Ke Pulau Tidung

Untuk dapat menuju Pulau Tidung kita harus menggunakan transportasi laut. Ada dua jenis kapal yang dapat kita gunakan agar dapat sampai di Pulau Tidung yaitu kapal Ferry Tradisonal dan Kapal Cepat (Speed Boat).

perjalanan wisata bahari ke pulau tidung kepulauan seribu

Dermaga Kapal Penyebrangan Dari Jakarta

Setidaknya ada dua dermaga yang disediakan untuk dapat sampai ke Pulau Tidung dari Jakarta, yaitu :
  • Dermaga Kali Adem bila ingin menggunakan Kapal Ferry
  • Dermaga Marina Ancol bila ingin menggunakan Kapal Cepat atau Speed Boat
Kapal Ferry, adalah kapal kayu berukuran besar dengan jumlah penumpang 150 hingga 200 kepala yang diberangkatkan dari Dermaga Muara Angke – Kali Adem.
Tarif per kepala : 86.000
Durasi : 2,5 jam
Jadwal : Pukul 7.00 – 7.30 WIB

Speed Boat atau Kapal Cepat, adalah kapal berukuran sedang bermesin empat dengan jumlah penumpang 30 hingga 45 orang sekali jalan, yang diberangkatkan tiap pagi dari Dermaga Marina Ancol.
Tarif per kepala : 450.000
Durasi : 1 jam
Jadwal : Pukul 08.00 WIB

Pulau Tidung Salah Satu Pilihan Terbaik Destinasi Wisata

Bukan tanpa alasan banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung setiap weekend. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa Pulau Tidung layak dijadikan destinasi wisata dalam mengisi masa liburan.
  • Lokasi nya relative cukup dekat bila di Jangkau dari kota Jakarta
  • Fasilitas dan sarana public di Pulau Tidung sudah cukup memadai
  • Biaya wisata yang dibutuhkan untuk liburan di Pulau Tidung relative hemat
  • Tersedia cukup banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan
  • Penduduk nya ramah dan bersahabat
  • Pemandangan bawah laut yang masih terjaga ke alamian nya
  • Sangat banyak spot photo indah yang di jumpai di Pulau Tidung
  • Telah tersedia ATM bila kehabisa dana tunai
  • Dan masih banyak pertimbangan lain yang menjadi alasan untuk mengisi liburan di Pulau Tidung.

Aktivitas Wisata Menarik di Pulau Tidung

Menikmati pemandangan pantai, merasakan segarnya tiupan angin laut, menikmati ombak kecil dipinggir pantai Pulau Tidung, dan masih banyak lagi hal santai lain nya dapat dilakukan di Pulau ini. Namun bagi anda yang membutuhkan aktivitas seru sebagai pengisi liburan, ada beberapa aktivitas menarik yang dapat dinikmati selama berada di Pulau Tidung.

Jelajah Pulau Tidung Besar Dengan Sepeda

Sebagai satu alat transportasi utama di Pulau Tidung selain sepeda motor, sepeda adalah salah satu ciri khas wisata di Pulau Tidung. Selain itu tentu saja sepeda mempermudah para wisatawan untuk menjangkau spot-spot menarik yang terdapat di pulau yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer ini . Selain bisa mengemat waktu tempuh di banding berjalan kaki, ternyata mengayuh sepeda di pinggiran pantai Pulau Tidung mempunyai keasikan tersendiri. Anda harus mencoba sendiri keseruan nya.

underwater wisata pulau tidung

Menikmati Keindahan Bawah Laut lewat Aktivitas Snorkeling

Pemandangan bawah laut Pulau Tidung masih cukup terjaga ke alamian nya. Pemerintah Pulau Tidung juga melakukan program konservasi terumbu karang di kawasan perairan Pulau Tidung Kecil. Biota lautnya yang beragam akan membuat para pecinta snorkeling betah berlama-lama bermain dengan ikan kecil sambil menikmati keindahan terumbu karang yang ada di sekitar Pulau Tidung.

Mencoba Keseruan Aktivitas Water Sport

Bagian paling Timur Pulau Tidung Besar adalah lokasi paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu aktivitas dan permainan yang paling di buru oleh para pengunjung adalah mengikuti permainan water sport. Ada banyak jenis permainan yang bisa kita ikuti disini seperti banana boat, water sofa, donuts boat, canoe, angsa laut, jetski, dan masih banyak lagi. Dengan biaya berkisar di 25.000 hingga 50.000 kita akan puas mengikuti bermacam permainan air di Pulau Tidung.

Explore Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung adalah lokasi wajib dikunjungi bila sedang wisata di Pulau Tidung. Selain sebagai penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil, jembatan sepanjang 800 meter ini juga sebagai ikon dari Pulau Tidung. Jembatan Cinta juga menjadi spot terbaik menyambut sunrise. Cukup banyak warung atau café kecil disekitar Jembatan Cinta yang bisa kita manfaatkan untuk tempat istirahat menikmati pemandangan kearah laut sambil menikmati minuman dan makanan ringan.

wisata bahari pulau tidung

Mengantar Sunset di Tanjung Barat

Tanjung Barat Pulau Tidung adalah lokasi terbaik menikmati keindahan terbenamnya Matahari di Pulau Tidung. Dilokasi ini terdapat dua cafe cukup terkenal di Pulau Tidung yaitu Saung Cemara Kasih, dan Saung Perawan. Kedua saung ini adalah lokasi terbaik menunggu tenggelam nya Matahari sambil menikmati hidangan air Kelapa Muda.

Peta Lokasi Pulau Tidung Kepulauan Seribu







Judul: Wisata Pulau Tidung, Liburan Bertema Bahari Di Kepulauan Seribu Jakarta; Ditulis oleh irwansyah; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Wisata Pulau Tidung, Liburan Bertema Bahari Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Tidung, Liburan Bertema Bahari Di Kepulauan Seribu Jakarta
Wisata Pulau Tidung - merupakan salah satu destinasi favorit yang terletak di sebelah Selatan Kepulauan Seribu DKI Jakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpm9sNzxrvjQr0m28gjK7bt8IPItWETyD5bTKqOndixhJYEtmHC0OfCxgTQw1LNe0HdFaghsytTg6apuFOEEZTnGKhQkHNJQsSVrMPeNJ5KfIJJfYGXXPVzXpHedJsGaIxZG3wVf-Ey5E/s720/wisata-pulau-tidung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpm9sNzxrvjQr0m28gjK7bt8IPItWETyD5bTKqOndixhJYEtmHC0OfCxgTQw1LNe0HdFaghsytTg6apuFOEEZTnGKhQkHNJQsSVrMPeNJ5KfIJJfYGXXPVzXpHedJsGaIxZG3wVf-Ey5E/s72-c/wisata-pulau-tidung.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2017/07/wisata-pulau-tidung.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2017/07/wisata-pulau-tidung.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy