$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bermukim Para Dewa

Wisata Jawa Tengah - Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata berbahasa Kawi. "di" yang bermakna tempat atau gunung dan "hyang" yang berarti Dewa. Dengan terjemahan bebasnya adalah tempat bersemayam (bermukim) para Dewa dan Dewi.

diujung batu gunung prahu

Dieng adalah kawasan dataran tinggi yang berada di Jawa Tengah, dapat dijangkau sekitar 30 km dari kota Wonosobo. Secara administratir Dataran Tinggi Dieng terbagi pada dua wilayah, satu bagian berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (Desa Dieng Wetan), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

  • [message]
    • Catatan Vulcanological Survey Indonesia
        • Nama: Gunung Dieng (Nama lain: Gunung Parahu)
        • Koordinat Lokasi: 7°12' LS dan 109°54' BT 
        • Ketinggian: 2565 m dpl
        • Tipe Gunung api: Strato, dengan lapangan solfatara dan fumarola, serta banyak kawah (cone).

Desa Tertinggi di Pulau Jawa

desa tertinggi di pulau jawa

Desa-desa di Dataran Tinggi Dieng tersebar di kawasan vulkanik aftif dengan ketinggian rata-rata diatas 2000 mdpl (meter diatas permukaan laut). Suhu berkisar 12-30°C pada siang hari dan 6-10°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli-Agustus) suhu udara bisa mencapai puncak terdingin dari 0°C hingga -2°C di dan menimbulkan embun beku yang menempel pada tanaman-tanaman di pagi hari. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai bun upas (embun racun), jika menempel pada tanaman bisa merusak jaringan dan akhirnya busuk dan mati.

Telaga Warna

Di sepanjang jalan anda melintas di kawasan Dataran Tinggi Dieng, yang anda saksikan mendominasi adalah aktivitas masyarakat petani di ladang/kebun sayuran. Kawasan Dieng merupakan penghasil sayuran dataran tinggi untuk wilayah Jawa Tengah. Sayuran sebagai komoditi utamanya adalah Kentang, selain itu terdapat juga Kubis, Wortel dan Bawang. Dieng juga penghasil utama Pepaya Gunung atau Carica, jamur, buah Kemar dan Purwaceng.

Tempat Bermukimnya para Dewa Dewi

Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata berbahasa Kawi. "di" yang bermakna tempat atau gunung dan "hyang" yang berarti Dewa. Dengan terjemahan bebasnya adalah tempat bersemayam (bermukim) para Dewa dan Dewi.

Aktivitas Vulkanik di Dataran Tinggi Dieng

Dieng Plateau, adalah dataran tinggi dengan aktivitas vulkanik dibawah permukaan, sepertihalnya yang terjadi pada dataran tinggi Tengger (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Sesungguhnya dataran ini adalah kaldera raksasa dengan gunung-gunung yang ada disekitar sebagai tepinya. Dari proses tersebut di Dieng terdapat cukup banyak kawah vulkanik sebagai tempat keluarnya gas, uap air dan beberapa material vulkanik lainnya yang beberapa diantaranya sangat beracun dan berbahaya bagi Manusia atau makhluk hidup lainnya.

Kawah Sikidang

Selain kawah, terdapat juga danau-danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang. Proses pencampuran tersebut menyebabkan warna air yang khas dari kuning hingga kehijauan.

Obyek Wisata Alam di Dataran Tinggi Dieng

Berbagai macam jenis dan obyek wisata yang bisa kita datangi, terbagi menjadi beberapa kategori yaitu mulai dari Gunung (bukit), Danau (Telaga), Kawah Vulkanik, Wisata Sejarah Candi-candi Hindu aliran Syiwa, dan Air Terjun.

Kawah-kawah Vulkanik Dieng

  • Kawah Candradimuka
  • Kawah Sibanteng
  • Kawah Siglagah
  • Kawah Sikendang, berpotensi gas beracun
  • Kawah Sikidang
  • Kawah Sikidang adalah kawah yang masih aktif dan mengeluarkan gas, uap air dan material vulkanik lainnya. Disamping memiliki sejarah geologi yang panjang, banyak kisah legenda dan mitos tentang Kawah Sikidang dan Anak Gimbal di Dieng
  • Kawah Sileri
  • Kawah Sinila, berpotensi gas beracun
  • Kawah Timbang, berpotensi gas beracun

Danau Vulkanik Dieng

  • Telaga Warna, objek wisata dengan tempat persemadian di dekatnya
  • Telaga Cebong, dekat desa wisata Sembungan
  • Telaga Merdada
  • Telaga Pengilon
  • Telaga Dringo
  • Telaga Nila

Gunung dan Bukit di Dieng

  • Gunung Sumbing (3.387 m)
  • Gunung Sindoro (3.150 m)
  • Gunung Prahu (2.665 m)
  • Gunung Pakuwaja (2.595 m)
  • Gunung Sikunir (2.463 m), tempat wisata, dekat Sembungan
paket open trip bromo midnight paket wisata ijen dari banyuwangi

Peta Lokasi Dieng Plateau Jawa Tengah

Judul: Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bermukim Para Dewa; Ditulis oleh khatulistiwa; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bermukim Para Dewa
Dataran Tinggi Dieng: Tempat Bermukim Para Dewa
Wisata Jawa Tengah - Nama Dieng berasal dari gabungan dua kata berbahasa Kawi. "di" yang bermakna tempat atau gunung dan "hyang" yang berarti Dewa. Dengan terjemahan bebasnya adalah tempat bersemayam (bermukim) para Dewa dan Dewi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCXlgQMbKIAEoku5UhFSkRG4X_fj-FlN2apXHJ3IfsCowXS4kT8XJR5qCtgfCJyKdGwfxxoFRq-TgsqQ636r7IhtmkzibwfqdQWceDvUjNKoKl3Y-mP6GdkzczrVyBAUgX7sQyMl1APDE/s640/gunungprahu.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCXlgQMbKIAEoku5UhFSkRG4X_fj-FlN2apXHJ3IfsCowXS4kT8XJR5qCtgfCJyKdGwfxxoFRq-TgsqQ636r7IhtmkzibwfqdQWceDvUjNKoKl3Y-mP6GdkzczrVyBAUgX7sQyMl1APDE/s72-c/gunungprahu.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2015/04/dieng-plateau-wonosobo.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2015/04/dieng-plateau-wonosobo.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy