$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Berapa Anggaran Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon?

Bikin rencana wisata alam mu ke Ujung Kulon yang lebih matang dan terprediksi, berikut informasi penting tentang rincian biaya yang harus kamu keluarkan menuju Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten

aktivitas canoeing di sungai Cigenter Ujung Kulon BantenMembuat rencana wisata alam ke Ujung Kulon, Merencanakan sendiri untuk wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon? kenapa tidak? kepikiran gak sih bisa merancang sendiri ala backpacker tanpa harus melibatkan agen atau tour operator wisata jika mau datang ke Ujung Kulon?. Pasti bisa, dijaman keterbukaan informasi saat ini sangat memungkinan bagi semua orang untuk bisa merencanakan sendiri kemana saja tanpa harus tergantung dengan pihak ketiga. Namun, Anda harus perhatikan hal-hal penting berikut ini agar agenda wisata Anda bisa terlaksana dengan baik, bukannya sebaliknya.
Siapa yang tak kenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Areal seluas sekitar 122.956 hektar ini menjadi taman nasional pertama yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1992, setelah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Tempat ini merupakan habitat asli sekaligus sanctuary bagi satwa badak Jawa yang kini jumlahnya tinggal puluhan ekor saja.
Angkutan Pedesaan di Ujung Kulon, yang dipergunakan masyarakat setempat bepergian antar desa dan kota. Perhitungan waktu yang tepat paling penting jika Anda menggunakan kendaraan umum menuju Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.
angkutan pedesaan ujung kulon yang melaju

1# Mobil Pribadi, Sewa atau Kendaraan Umum

Transportasi darat menuju desa Sumur, desa terakhir sebelum masuk ke Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah yang pertama harus Anda pikirkan matang. Anda beserta rombongan bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi, sewa atau bahkan menggunakan kendaraan umum.
  • [message]
    • ##car## Sebaiknya Jangan Bawa Sedan ke Ujung Kulon
      • Jika Anda merencanakan datang ke Ujung Kulon dengan kendaraan pribadi, saran yang paling tepat adalah pilih jenis kendaraan yang bertipe chassis tinggi dari jalan, seperi MPV bukannya sedan. Menghindari mobil terperosok saat mendekati Ujung Kulon, jalan mulai bergelombang dan rusak karena hujan dan kendaraan berat pengangkut kayu.
wisata pulau peucang Jika menggunakan kendaraan umum, dari Jabodetabek rute kendaraan umum menuju desa Sumur adalah melalui kota Serang dengan menggunakan Elf Umum. Perhatikan masalah waktunya, karena dengan kendaraan umum waktu tidak bisa terprediksi dengan tepat sampai karena lebih banyak ngetem di jalan menunggu penumpang.

2. Kapal Wisata Bahari Ujung Kulon, ada dua jenis kapal wisata di Ujung Kulon yang bisa dipergunakan berdasar kapasitas atau daya tampungnya. Kapal Jelajah dengan muatan 25 orang dan 40 orang. Disarankan tidak menggunakan kapal nelayan atau dengan ukuran yang lebih kecil, terlebih saat angin barat dan ombak besar.
perahu wisata dan jelajah taman nasional ujung kulon
paket wisata gabungan atau open trip ujung kulon[next]

2# Kapasitas Perahu Wisata Ujung Kulon Minimal 25 orang

Setelah mendekati desa Sumur dengan transportasi darat, perjalanan Anda belum berakhir sampai disini. Anda harus menempuh waktu 3 (tiga) jam lagi menyeberangi lautan menuju Pulau Peucang, jika berencana menginap di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.
Tidak cukup banyak penyedia perahu jelajah atau untuk keperluan wisata atau mancing di Ujung Kulon, sebaiknya Anda pesan jauh hari sebelumnya atau rela menggunakan kapal atau perahu nelayan setempat.
Baca Juga: Perahu Jelajah Untuk Wisata dan Mancing di Ujung Kulon

Tarif sewa perahu atau kapal jelajah untuk mengantar kamu ke Ujung Kulon, jelajah pulau-pulau dan menuju spot snorkeling berkisar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000,- (durasi 2 hari). Sama pentingnya dengan masalah akomodasi di Ujung Kulon, urusan kapal sangat penting dan sebaiknya sudah selesai jauh hari sebelum keberangkatan. Minta Sang Kapten kapal menjemput di dermaga atau penjemputan yang sudah disepakati. Sesampainya di desa Sumur, rombongan langsung bisa menuju kapal tanpa harus menunggu lebih lama lagi.

sewa kapal jelajah ujung kulon
Selama di Ujung Kulon, Kamu akan banyak habiskan waktu diatas kapal jelajah, bahkan makan dan minum juga dilakukan diatas kapal. Turun dari kapal hanya saat kunjungan ke pulau-pulau atau snorkeling. 
Kapten kapal dan ABK-nya yang menjadi ujung tombak selama kamu di Ujung Kulon, orang-orang penting selama perjalanan di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Karena semua keperluan perjalanan wisata hingga makan tiap harinya akan dijamu oleh Kapten dan ABK, jika jumlah peserta cukup banyak Kapten menyertakan Koki khusus untuk urusan periuk nasi gak kosong. Negosiasikan biaya untuk kebutuhan konsumsi selama perjalanan, jangan sampai kekurangan, yang pinter-pinter bernegosiasi aja agak semua kebutuhan perjalanan di laut dan darat lancar semuanya.

3. Tidaklah cukup jika hanya berbekal hammock untuk menginap selama di Ujung Kulon, bukan sekedar tidak nyaman juga kurang aman mengingat kita berada di ruangan terbuka. Pengelola Taman Nasional Ujung Kulon menyediakan lokasi untuk Camping hanya di Pulau Panaitan, di Pulau Peucang tidak diperkenankan mendirikan tenda.
camping di ujung kulon[next]

3# Menginap di Tenda, Barak atau Resort?

Fasilitas penginapan ala backpacker atau layanan setara dengan hotel atau resort?, sama halnya dengan persiapan kebutuhan kapal wisata, kamu harus persiapkan jauh hari sebelumnya. Layanan dan fasilitas yang kamu pilih akan sesuai dengan biaya sewa permalam yang harus kamu keluarkan. Tarif sewa penginapan di Ujung Kulon bervariasi mulai dari IDR 100.000 hingga 500.000 per orang per malam. Silahkan sesuaikan dengan budget yang kamu siapkan.

sebuah resort di Ciputih Beach
Ciputih Beach Resort, salah satu penginapan setara hotel bintang 3 di Ujung Kulon yang menyediakan fasilitas kolam renang bagi pelanggannya.  Lokasnya berada sekitar 3 km dari desa Sumur
Bagi para Backpackers, mereka lebih memilih menginap di Pulau Peucang, fasilitas penginapan yang disediakan oleh pihak Taman Nasional untuk umum. Perlu hati-hati jika kamu dan rombongan datang saat weekend, saking banyaknya pengunjung sistem booking sudah tidak diberlakukan lagi, siapa datang dulu dia dapat tempat tidur. Lebih aman jika memang harus menginap di pulau Peucang pesan bungalow Flora atau Fauna yang bisa dipesan jauh hari sebelumnya. Harga sewa perkamar di Pulau Peucang berkisar Rp 500.000/hari dengan kapasitas maksimal 3 orang perkamarnya.
Dengan semakin maraknya geliat wisata alam di Ujung Kulon, banyak pelaku pariwisata dan masyarakat bergegas membangun fasilitas wisata, khususnya penginapan. Beberapa hotel kecil, bungalow dan homestay mulai muncul bergantian sepanjang dari Desa Sumur hingga Taman Jaya. Pilihan menginap lebih banyak pilihan saat berkunjung ke Ujung Kulon
Tidak kebagian kamar atau penginapan di Pulau Peucang, bukan berarti semuanya berakhir. Kamu bisa melirik fasilitas penginapan yang disediakan oleh masyarakat setempat di Desa Sumur dan Taman Jaya. Harga jauh lebih bersahabat, antara Rp. 200.000 hingga Rp 300.000 per kamar satu malam dengan fasilitas yang memadai dan nyaman untuk istirahat malam.

4. Saatnya mulai menentukan aktivitas wisata apa aja yang kamu rencanakan di Ujung Kulon. Kegiatan dengan tema Wisata Bahari, Safari Satwa, Trekking, Jelajah Pulau-Pulau, Snorkeling, Camping atau bahkan Scuba Diving? semua akan terkait dengan biaya karena setiap aktivitas alam di Ujung Kulon sudah ada tarifnya masing-masing dari Seksi Pengelolaan Taman Nasional Ujung Kulon.
aktivitas snorkeling di pulau Badul
paket wisata gabungan atau open trip ujung kulon[next]

4# Jelajah Pulau, Wisata Bahari, Snorkeling atau Scuba Diving

Siap Grak, tinggal jalan dan beraksi menuju Ujung Kulon!. Tunggu dulu, satu lagi masalah pembiayaan yang kudu kamu kelarin, biaya masuk kawasan dan aktivitas selama di Ujung Kulon juga perlu diperhitungkan sebelumnya. Banyaknya aktivitas artinya juga perlu banyak biaya, belum termasuk biaya perahu pengantar jika kapal tidak bisa merapat dan bersandar di dermaga. Berikut adalah tarif resmi yang dikeluarkan oleh pihak Taman Nasional Ujung Kulon kepada para wisatawan yang berkunjung dan berkegiatan.
Sewa perlengkapan snorkeling atau bawa sendiri sangat penting jadi bahan pertimbangan. Ketimbang udah jauh-jauh sampe Pulau Badul tidak kesampaian melihat keindahan bawah lautnya gara-gara sewa perlengkapan gak diperhitungkan mateng. Jangan sampai menghilangkan gogle,
snorkel atau spin ya!
rekapitulasi biaya anggaran wisata ke ujung kulon
Sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon - Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Handeleum
Baca Juga: Pengalaman Wisata selama 3 hari 2 malam di Ujung Kulon

Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon per Orang

JENIS BIAYA WNI WNA
Tiket Masuk
Hari Kerja
Hari Libur
IDR 5.000
IDR 7.500
IDR 150.000
IDR 225.000
Asuransi IDR 3.000 IDR 3.000
Biaya Sandar Kapal Motor
KMK 1
KMK 2
IDR 150.000
IDR 100.000
Aktivitas Wisata Alam Ujung Kulon
Karang Copong IDR 10.000
Padang Cidaon IDR 10.000
Tanjung Layar IDR 15.000
Cibom IDR 15.000
Cijengkol IDR 20.000
Ciramea IDR 25.000
Ciramea TJ IDR 35.000
Cibunar IDR 50.000
Snorkeling IDR 15.000
Mancing IDR 25.000
Fasilitas Wisata Ujung Kulon
Cibom Boat IDR 250.000
Cidaon Boat IDR 150.000
Jukung IDR 100.000
Dapur IDR 100.000
Scuba Diving + Guide IDR 150.000
Isi Tabung Selam IDR 40.000
Camping IDR 15.000
*sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon - Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Handeleum

5. Membuat rencana perjalanan yang tepat sangatlah penting, waktu yang tepat di lokasi yang tepat di Ujung Kulon akan menentukan pengalaman unik dan menarik saat berkunjung di kawasan konservasi Ujung Kulon. Tanpa diduga sebuah momen bisa mengabadikan Harimau Jawa di Padang Savana Cidaon adalah juga karena kekuatan dari rencana perjalanan atau itinerary.
banteng di savana cidaon[next]

5# Sebuah Contoh dan Ilustrasi Itinerary Selama di Ujung Kulon

  • [accordion]
    • Hari 1 - Perjalanan menuju Desa Sumur
      • 20.30 Persiapan keseluruhan
        21.00 Berangkat menuju Ds. Sumur
    • Hari 2 - Explore Ujung Kulon, Snorkeling, Jungle Trekking dan Wildlife Monitoring
      • 05.00 Tiba di Desa Sumur
        06.00 Sarapan dan Persiapan menuju Pulau Peucang
        07.00 Naik kapal dan perjalanan menuju Pulau Peucang
        10.00 Tiba di Pulau Peucang, aktivitas foto-foto dilanjutkan snorkeling spot Ciapus dan Citerjun
        11.30 Kembali ke base camp bersih-bersih dan makan siang
        13.00 Perjalanan menuju Tanjung Layar
        15.00 Lanjut explore Karang Copong
        16.00 Trekking ke padang pengembalaan Cidaon, Wildlife monitoring
        17.00 Berlabuh dan kembali ke Pulau Peucang, bersih bersih, acara bebas menunggu makan malam
        19.00 Saat nya makan malam 20.00 Acara santai sambil ngobrol dengan sahabat baru perjalanan
        22.00 Waktunya istirahat, recharge untuk acara esok
    • Hari 3 - Explore Pulau Handeleum, Pulau badul dan Kembali ke Jakarta
      • 05.00 Persiapan pribadi
        06.30 Sarapan
        07.30 Check out penginapan dan kembali menaiki kapal di dermaga Pulau Peucang
        08.00 Berlayar menuju Pulau Handeleum
        09.00 Berlabuh diPulau Handeleum dan menuju Muara Sungai Cigenter
        09.10 Canoeing (bersampan) di muara Cigenter
        11.00 Kita kembali menaiki kapal, makan siang diatas kapal sambil berlayar menuju Pulau Badul
        12.00 Snorkeling di spot Pulau Badul, dan menikmati suasana pulau
        13.30 Kembali menaiki Kapal, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Ds. Sumur
        15.00 Berlabuh di pantai Sumur, bersih-bersih dan menaiki bis untuk persiapan menuju Jakarta
        16.00 Berangkat menuju Jakarta
        22.00 Perkiraan sampai di Plaza Semanggi Tour berakhir, sampai jumpa di trip dan destinasi selanjutnya.

paket wisata bromo everyday dari surabaya, malang dan batu paket wisata open trip bromo + air terjun madakaripura jawa timur Paket open trip bromo midnight b29 lumajang


Judul: Berapa Anggaran Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon?; Ditulis oleh GO EXPLORE; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Berapa Anggaran Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon?
Berapa Anggaran Biaya Wisata Alam ke Ujung Kulon?
Bikin rencana wisata alam mu ke Ujung Kulon yang lebih matang dan terprediksi, berikut informasi penting tentang rincian biaya yang harus kamu keluarkan menuju Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPLivIccGdqDHkeYPFXMY7vRW8Y8ITxvIUed7jeozAU9w8kbrgdafqbgLplvfOgoFGByZSw86xRTwWTOV0GUJ7ZOijeUG4cPFYRQp3MDph_MMQhsbSAE6O2PbR2SqpmTsuok3OFjvOwI4/s780/wisata-ujung-kulon.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPLivIccGdqDHkeYPFXMY7vRW8Y8ITxvIUed7jeozAU9w8kbrgdafqbgLplvfOgoFGByZSw86xRTwWTOV0GUJ7ZOijeUG4cPFYRQp3MDph_MMQhsbSAE6O2PbR2SqpmTsuok3OFjvOwI4/s72-c/wisata-ujung-kulon.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2018/03/biaya-wisata-ujung-kulon.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2018/03/biaya-wisata-ujung-kulon.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy