$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Clungup Mangrove Conservation, Pantai Indah Yang Tersembunyi di Malang Selatan

Wisata Jawa Timur, Pantai Clungup Sendangbiru Malang Selatan, sebagai kawasan penyanggah Cagar Alam Pulau Sempu dan Konservasi Mangrove

Pantai Clungup saat surut

Menuju Pantai Clungup saat ini tidak lagi lewat Goa China seperti sebelum-sebelumnya, karena ditetapkan sebagai kawasan konservasi mangrove - Clungup Mangrove Conservation - lokasi ini telah dikelola oleh kelompok masyarakat yang peduli terhadap kelestarian dan penyelamatan lingkungan.

Saat ini memasuki kawasan Pantai Clungup lebih mudah dari sebelumnya, sudah tersedia banyak papan nama penunjuk jalan menuju pantai Sendangbiru. Seiiring dengan meningkatnya pengunjung kesini, pihak pengelola memperbaiki sarana akses masuk dan fasilitas parkir kendaraan, sebagai komitmen karena telah ditutupnya pintu akses dari Goa Cina yang tergolong cukup riskan dan bahaya, lebih-lebih saat musim hujan.

Pantai Clungup saat pasang

Cara dan Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Clungup

Berada di pesisir selatan Pulau Jawa dan terletak di tepi Samudera Indonesia, secara administratif Pantai Clungup berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Clungup memang berada jauh kedalam dari jalan utama menuju Sendangbiru, lokasinya memang agak tersembunyi dari keramaian tidak seperti kondisi pantai-pantai lain yang tersebar di sepanjang garis pantai Sendangbiru.

Pantai Clungup dikelola oleh Yayasan Bhakti Alam Sendangbiru

Dari kota Malang, jika menggunakan kendaraan pribadi anda cukup mengikuti arah Turen dan Sendangbiru. Tidak jauh dari Pantai Sendangbiru bisa bertanya kepada masyarakat setempat lokasi Bank BRI untuk sekedar sebagai patokan arah. Dari sini lokasi pantai Clungup sudah dapat diketahui melalui beberapa papan penunjuk jalan.

Sayangnya, menuju pantai ini kendaraan pribadi baik roda empat atau motor tidak bisa masuk lebih dekat ke kawasan pantai. Ada batasan area khusus untuk parkir kendaraan lebih-lebih saat musim hujan. Jalan akses menuju pantai hanyalah jalan setapak yang di cor dan hanya bisa dilewati oleh motor dan pejalan kaki. Masih harus menempuh perjalanan sepanjang 1,3 km lagi untuk bisa sampai ketepi pantai dari pos penjaga pintu masuk.

saat pasang, anak-anak nyaman dan aman berenang di pantai clungup

Aktivitas Wisata di Pantai Clungup

Malang Selatan yang mendapat julukan kota seribu pantai memang menawarkan sederetan pantai yang memukau, khususnya di jalur pantai Sendangbiru. Wisata bersama Keluarga, teman sekolah (kantor) atau bersama komunitas sangat tepat jika anda memilih pantai Clungup sebagai destinasi wisata utama, tidak hanya mendapatkan satu pantai saja, ada beberapa pantai eksotik yang bisa anda nikmati jika bersedia trekking selama 1 hingga 2 jam perjalanan.

Camping dan Trekking adalah salah satu Kegiatan yang paling disukai dilokasi ini, di Pantai Gatra tersedia Camping Ground Area yang cukup luas. Jangan khawatir jika tidak memiliki sendiri Tenda dan perlengkapan Camping, di pos penjagaan anda bisa menyewa semua perlengkapan untuk camping. Hanya dikenakan biaya sewa lahan sebesar Rp. 25.000,- untuk melaksanakan aktivitas camping disini.

batu karang dari clungup menuju pantai Gatra

Memasuki kawasan pantai Clungup, anda tidak hanya menikmati satu pantai ini saja. Dengan bantuan pemandu anda bisa menjelajah selama 1-2 jam perjalanan menyusuri garis pantai Sendangbiru. Yang paling mudah diakses dari Clungup adalah Pantai Gatra, Pantai Mbangsong dan Teluk Asmoro. Berikutnya dengan trekking menaiki beberapa bukit dan lahan pertanian anda akan menemukan Pantai Savana, Pantai Mini dan Pantai Tiga Warna yang eksotik, berakhir melewati jembatan kayu menuju Kondang Buntung.

Snorkelling dan Diving, Tersedia cukup banyak perhau yang dapat kita sewa untuk menuju lokasi snorkeling. Panorama bawah laut di Pantai Clungup dan sekitarnya sangat menawan, tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan. Anda akan diantar menuju spot snorkeling terbaik di wilayah pantai Clungup oleh pemandu lokal dengan menggunakan perahu.

Wisata dan Tanam Mangrove, para pengelola pantai Clungup sangat antusias menyambut para pengunjung Keluarga yang membawa serta anggota keluarga khusunya anak-anak. Para pengelola kawasan wisata pantai Clungup sangat berharap kawasan ini bisa memberikan edukasi dan wawasan kepada para generasi masa depan tentang bagaimana menjaga keseimbangan dan pelestarian alam.

Panti Clungup yang menawan

Penginapan di Pantai Clungup

Jika anda berencana untuk bermalam dan menginap, masyarakat di desa ini menyewakan rumah atau kamar miliknya sebagai tempat bermalam bagi para pengunjung wisata yang datang.

Persiapan Bekal Makanan dan Minuman

Memasuki kawasan pantai, anda tidak akan menemukan satupun toko atau warung makanan. Persiapkan secara matang bekal anda secukupnya jika akan memasuki kawasan ini. Sengaja oleh pengelola tidak akan menyediakan fasilitas tersebut dekat dengan pantai agar masih terjaga terus kealamiannya, bukannya menikmati pemandangan dan panorama alam tapi terhalang oleh kawasan perdagangan.

Peta Lokasi Pantai Clungup

COMMENTS

open trip green canyon
explore pulau harapan
explore pulau harapan
Nama

adventure,8,agrowisata,2,aktivitas,4,baluran,3,bandung,1,banten,3,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,2,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,21,dieng,4,ekowisata,1,explore,6,field trip,1,gunung,3,headline,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,pangandaran,7,pulau harapan,6,pulau seribu,8,river tubing,1,safari,1,santirah,1,satwa liar,6,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,5,travel story,1,trekking,3,ujung kulon,1,wisata alam,12,wisata anak,1,wisata edukasi,1,wisata jawa barat,7,wisata jawa tengah,3,wisata jawa timur,12,wisata kota,2,wisata pantai,12,wisata pulau,8,wisata sejarah,1,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Clungup Mangrove Conservation, Pantai Indah Yang Tersembunyi di Malang Selatan
Clungup Mangrove Conservation, Pantai Indah Yang Tersembunyi di Malang Selatan
Wisata Jawa Timur, Pantai Clungup Sendangbiru Malang Selatan, sebagai kawasan penyanggah Cagar Alam Pulau Sempu dan Konservasi Mangrove
https://1.bp.blogspot.com/-ioGNU0bBwlQ/VVM1RAq2JBI/AAAAAAAAAHA/irsPcnr61Zs/s780/clungup.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ioGNU0bBwlQ/VVM1RAq2JBI/AAAAAAAAAHA/irsPcnr61Zs/s72-c/clungup.jpg
Wisata Pulau Jawa
http://www.tourdejava.net/2015/05/pantai-clungup-sendangbiru-malang.html
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/2015/05/pantai-clungup-sendangbiru-malang.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy