$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Puncak Pandawa, Desain Ekowisata ala Warga Dusun Brau Batu

Wisata Kota Batu, Puncak Pandawa di Dusun Brau, satu destinasi wisata di ketinggian 1000 mdpl, sunrise camp, taman di puncak, goa jepang, warung kopi dan spot selfie yang ngehits di Kota Batu

pinokio di puncak pandawa dusun brau batu

Meski tergolong sebagai destinasi wisata baru di kawasan Kota Wisata Batu, Puncak Pandawa langsung melejit dan ngehits khususnya bagi kalangan muda. Dari puncak dengan ketinggian 1000 mdpl, kamu bisa melihat seluruh pemandangan kota Batu dan Malang dari ketinggian, cantik di malam hari eksotik saat pagi hari (sunrise). Puncak Pandawa terdapat lima gua sejarah perang (Gua Pandawa), area camping, taman bunga, taman bermain lengkap dengan spot untuk selfienya yang anti mainstream.

Berkunjung ke Dusun Brau, Hanya 5 kilometer dari Kota Batu

Puncak Pandawa, lokasinya berada di wilayah administrasi Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Berada di antara bukit di sekitar Gunung Banyak, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai tempat olah raga bagi para pecinta kegiatan paralayang.

Saat ini, di sekitar Gunung Banyak telah muncul beberapa destinasi wisata yang baru dibangun selain Puncak Paralayang, beberapa diantaranya adalah yang mungkin kamu tahu seperti Omah Kayu, Taman Kelinci, Gua Pinus dan yang paling gres saat ini adalah Puncak Pandawa atau Gua Pandawa.

Dusun Brau memiliki topografi yang sangat unik, terbagi menjadi tiga wilayah, Brau Atas, Brau Tengah dan Brau Bawah. Pengelola sekaligus perintis lokasi wisata Puncak Pandawa dikawal sebagian besar warga Dusun Brau Atas, yang wilayahnya berada di kelilingi dan dikepung oleh bukit dan gunung-gunung.
situasi dusun brau di kota batu

Dengan curah hujan rata-rata pertahun 30 mm dan dengan ketinggian lokasi diatas 1000 mdpl, cuaca di Dusun Brau termasuk dingin dengan kisaran antara 18 - 25ยบ C. Hampir setiap sore atau pagi suasana sekitar dusun berkabut. Dengan iklim dan kondisi seperti ini memang sangat cocok untuk peternakan sapi perah.

baca juga: Pengelolaan Kotoran Sapi di Dusun Brau menjadi Energi Terbarukan Yang Ramah Lingkungan

Mayoritas masyarakat Brau rata-rata peternak sapi perah yang dikelola semenjak tahun 1975. Budidaya sapi perah ini dilakukan masyarakat Brau sebagai penunjang ekonomi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka mengelolanya masih dengan kapasitar rumahan dan tradisional, masing-masing rumah biasanya mengelola 4-8 ekor sapi perah.

Hasil audit perusahaan Nestle pada tahun 2009 Populasi sapi perah di dusun Brau pernah mencapai 650 ekor dengan produksi susu mencapai 4500 liter / hari, Dusun Brau termasuk penghasil susu no. 1 terbesar di Kota Wisata Batu.


Potensi peternakan sapi perah di Dusun Brau membawa berkah bagi masyarakatnya karena hasil susu sapi bisa menghasilkan rata-rata 10 liter setiap hari, diambil dua kali dalam sehari, pagi dan sore. Namun permasalahan berikutnya akan muncul jika tidak ada penanganan yang serius dengan limbah atau kotoran sapi, jika tidak ditangani dengan serius.
Metana (CH4) adalah gas tidak berbau yang menimbulkan efek rumah kaca. Selain berasal dari penguraian sampah organik. Sekitar 50 persen metana diproduksi dari aktivitas manusia di sektor pertanian.  Dari jumlah itu, 60 persen berasal dari ternak ruminansia, yang dihasilkan melalui proses metanogenesis dalam sistem pencernaan ternak.  
Berbekal dengan kegigihannya untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lebih bersahabat dan sehat, masyarakat dusun Brau dengan kelompoknya mencoba mengelola limbah kotoran sapi dengan Biogas. Biogas sendiri adalah salah satu alternatif untuk mengelola kotoran hewan agar bisa dijadikan bahan bakar melalui proses fermentasi. Hasil lainnya selain untuk bahan bakar dan penerangan adalah bioslurry yang bisa digunakan sebagai pupuk. Butuh waktu yang tidak singkat untuk bisa menggerakkan bersama masyarakat terhadap guna Biogas dan Bioslurry.

Salah satu Biogas dengan atap bentuk Dome yang dibuat permanen dengan beton cor di Dusun Brau, Kota Wisata Batu. Saat ini sudah ada sebanyak 15 digester biogas dan terus dikembangkan sampai bisa tercapai satu rumah satu biogas. 
digester biogas di dusun brau

Warga Brau saat ini dan untuk masa depannya sedang menata desanya agar lebih bersih dan sehat. Saat berada di Dusun Brau yang sebelumnya dapat ditandai dengan bau dengan aroma kotoran di selokan yang aduhai, kini berangsur mulai hilang. Semua ini bukan karena peran lembaga donatur, melainkan semangat maju masyarakat Brau yang didukung oleh individu-individu dari berbagai kalangan yang simpati dengan pergerakan masyarakat dusun Brau.
  • [message]
    • Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata Puncak Pandawa
      • Menjangkau semua lapisan, tiket masuk per orang sebesar Rp. 5000,- jika datang dengan mobil, disediakan ojeg dengan sekali jalan Rp. 10.000,- atau Rp. 20.000,- antar jemput atau pulang pergi
Goa Pandawa, salah satu spot wisata menarik yang ada di Puncak Pandawa. Terdapat lima gua yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa sejarah Perang Dunia ke Dua. Selain Gua atau Goa, di Puncak Pandawa Anda bisa menikmati Sunrise atau memandang Kota Batu dan Malang dengan pemandangan mengagumkan. Tersedia area Camping Ground dan Warung Kopi yang buka 24 jam nonstop.
goa pandawa dusun brau kota wisata brau [post_ads][next]

Puncak Pandawa, Apresiasi Warga Brau untuk Pengelolaan Wisata Mandiri

Pada bulan September 2017 minggu pertama, warga Brau untuk kali pertamanya menjual tiket masuk lokasi destinasi wisata baru di Kota Batu, Puncak Pandawa. Proses singkat persiapan yang dirancang, dibangun dan rencana pengelolaan swadaya dan mandiri ini akhirnya berbuah dengan ditandai oleh "Grand Opening" destinasi Wisata Puncak Pandawa.
Sesuai dengan namanya Goa Pandawa, karena dilokasi Puncak Pandawa terdapat lima gua yang telah ditemukan sesuai dengan jumlah tokoh Pandawa dalam cerita pewayangan. Pengunjung bisa menikmati lima gua dengan masuk ke dalamnya atau sekadar berfoto selfie di depan.
golden sunrise di puncak pandawa

Dibuka 24 jam, Bisa Datang Langsung atau Kemping Semalam

Harga tiket masuk lokasi wisata Puncak Pandawa hanya Rp. 5000,- per orang, cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Lokasi wisata ini akan dibuka 24/7 - sehari semalam dalam satu minggu, tidak pernah ditutup dan akan dijaga keamannya oleh warga Brau secara bergantian.



Karena spot paling bagus dan favorite pengunjung adalah saat pagi (sunrise), dan jika jarak terlalu jauh menuju Puncak Pandawa, pengelola kawasan wisata Puncak Pandawa juga menyediakan area untuk kemping (Camping Ground) berikut menyewakan peralatan untuk kemping, berupa tenda dome dan perlengkapannya. Anda juga tidak perlu membawa peralatan masak sendiri jika memang tidak memiliki, karena warung kopi Puncak Pandawa dibuka nonstop setiap hari, minuman hangat dan makanan ringan selalu tersedia setiap saat, juga susu sapi segar asli langsung dari para peternak sapi perah Dusun Brau.
  • [message]
    • ##free-code-camp## Puncak Pandawa Sunrise Camp
      • Paket Camping (4 orang/malam) hanya Rp. 250.000,- Tenda dome plus sleeping bag dan sewa area camping, fasilitas sarapan pagi dan bonus susu segar satu kali
Pinokio, Sang Boneka Kayu Raksasa di Puncak Pandawa ini sebagai icon utama yang populer, unik dan ide serta karya original warga dusun Brau.
spot selfie di puncak pandawa brau

Hanya bermodal semangat kebersamaan, warga Dusun Brau memulai langkahnya dari kerja bakti atau gotong royong membersihkan lahan dari bawah hingga puncak dengan panjang jalur sekitar 1 km. Tidak ada alat berat, yang ada hanya tenaga dari warga dan cangkul yang biasa mereka pergunakan di kebun dan ladang mereka. Perlahan selama kurang lebih tiga bulan, para warga secara bergantian menyumbangkan tenaga berikut materi untuk membersihkan, merapikan serta mempercantik lokasi Puncak Pandawa.
Ditawarkan sejumlah uang cukup banyak oleh investor untuk destinasi Puncak Pandawa, mereka tolak dengan sopan. Biarkan kami memulainya bukan dengan alasan memiliki modal uang, melainkan kebersamaan dalam gotong royong warga Brau yang akan mewujudkan semua cita-cita bisa mengelola ini secara swadaya.
Cara kerja seperti ini, masing-masing orang memiliki peran yang sangat penting. Setiap ide yang bisa diwujudkan langsung dikerjakan di tempat tanpa kertas perencanaan sebagai layaknya para perencana dan konsultan bekerja. Di rembug di tempat dari ide hingga menjadi kenyataan, membangun gazebo, menanami bunga, tempat selfie, merapikan jalan dan seterusnya. Hingga sampai saat ini juga mereka setiap hari selalu memperbaiki hingga terlihat cantik dan nyaman bagi para pengunjung.

Suasana Malam di Puncak Pandawa, tidak saja pemandangan alamnya. Proses bagaimana masyarakat dusun Brau membangun dan mengelola destinasi wisata Puncak Pandawa ini menjadi pemandangan indah yang unik dan menarik untuk digali dan dipelajari bersama.
night view dari puncak pandawa brau

Peta Lokasi Puncak Pandawa di Dusun Brau, Kota Batu

COMMENTS

open trip green canyon
explore pulau harapan
explore pulau harapan
Nama

adventure,7,agrowisata,2,aktivitas,4,baluran,3,bandung,1,banten,3,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,2,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,20,dieng,4,ekowisata,1,explore,6,field trip,1,gunung,3,headline,1,jeram,2,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,pangandaran,6,pulau harapan,6,pulau seribu,8,river tubing,1,safari,1,satwa liar,6,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,5,travel story,1,trekking,3,ujung kulon,1,wisata alam,11,wisata anak,1,wisata edukasi,1,wisata jawa barat,6,wisata jawa tengah,3,wisata jawa timur,12,wisata kota,2,wisata pantai,12,wisata pulau,8,wisata sejarah,1,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Puncak Pandawa, Desain Ekowisata ala Warga Dusun Brau Batu
Puncak Pandawa, Desain Ekowisata ala Warga Dusun Brau Batu
Wisata Kota Batu, Puncak Pandawa di Dusun Brau, satu destinasi wisata di ketinggian 1000 mdpl, sunrise camp, taman di puncak, goa jepang, warung kopi dan spot selfie yang ngehits di Kota Batu
https://4.bp.blogspot.com/-T_Mo4tMihK0/Wc8SmbtLAQI/AAAAAAAADww/U_j76txpVcofc6EXvQnURtNf8V4z5pVRwCLcBGAs/s730/puncak-pandawa-brau.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-T_Mo4tMihK0/Wc8SmbtLAQI/AAAAAAAADww/U_j76txpVcofc6EXvQnURtNf8V4z5pVRwCLcBGAs/s72-c/puncak-pandawa-brau.jpg
Wisata Pulau Jawa
http://www.tourdejava.net/2017/10/puncak-goa-pandawa-dusun-brau-batu.html
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/2017/10/puncak-goa-pandawa-dusun-brau-batu.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy