$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Wisata Alam di Pantai Gatra Malang Selatan

Pantai Gatra, Raja Empat nya Jawa Timur, tidak perlu jauh ke Papua untuk menikmati pesona eksotik pulau dan pantainya

Pantai Gatra Malang Selatan

Jika yang anda maksudkan dengan wisata pantai adalah sebuah destinasi yang menawarkan pemandangan laut dan pasir putihnya, dan anda harus membayar tiket masuk berikut dengan parkir kendaraan, sampah lengkap dengan asuransinya. Jarak pantai dengan parkir kendaraan anda tidak begitu jauh, cukup beberapa langkah saja sudah terkena percikan air laut dari deburan ombaknya. Dan yang paling umum, tidak jauh dari bibir pantai, berjajar panjang toko dan warung yang menawarkan aneka produk untuk para pelancongnya.

Sayangnya, anda tidak akan pernah menemukan satu ciri yang disebutkan diatas jika hendak melancong ke Pantai Gatra, malah semua fakta diatas berbanding terbalik. Namun semua akan terbayar jika anda sudah sampai di Pantai Gatra yang masih alami ini.

Pantai yang tersembunyi dan bersih dari sampah pengunjung

Jika anda sempat melihat sampah berserakan di pinggir pantainya, sudah dapat dipastikan itu bukanlah ulah dari pengunjung pantai Gatra, melainkan sampah-sampah yang terseret arus laut dan terbawa ombak hingga di pantainya. Tapi jika ini adalah ulah pengunjung, maka akan ada tindakan tegas dari petugas pantai dan memberikan hukuman sesuai dengan kesepakatan dan tata aturan yang diberlakukan ketat dari pos pintu masuk.

Pantai Gatra yang lestari
Pantai Gatra dan beberapa pantai yang dikelola untuk kelestarian, tidak mementingkan banyaknya pengunjung dengan sejumlah besaran rupiah donasi yang diberikan. Kami hanya memberi ijin hanya kepada pengunjung yang sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan.
wisata pulau seribu

Donasi untuk Mangrove dan Checklist Sampah

Proses seleksi dan edukasi kepada semua pelancong, diawali dari pintu masuk menuju pantai. Petugas jaga dengan ramah akan menyapa pengunjung, memberi sedikit penjelasan dan informasi tentang tata tertib pengunjung kawasan Pantai Gatra sesuai yang tertera di beberapa papan informasi di sekitar pintu masuk. Selanjutnya membuat daftar barang bawaan pengunjung yang berpeluang akan menjadi sampah dan menghimbau untuk membawa balik semua sampah yang dihasilkan.

Formulis Check List Sampah Pengunjung
Check List Sampah Pengunjung
Tidak ada restribusi tiket masuk, para pengunjung diharapkan bersedia mendonasikan sejumlah sedikit uang mereka untuk proyek konservasi mangrove sebesar enam ribu rupiah, inipun masih sangat fleksibel lebih-lebih untuk pengunjung keluarga yang membawa serta anak-anaknya. Mereka lebih berharap semoga pantai Gatra bisa menjadi arena belajar masalah lingkungan buat anak-anak dari sejak dini.

Kawasan Penyanggah yang dikelola oleh Masyarakat

Tergabung dalam Kelompok Masyarakat (POKMAS) yang diawali dengan GOAL - Gatra Olah Alam Lestari dan ditunjuk oleh pemerintah desa untuk membidani bidang pelestarian lingkungan di kawasan pantai di Sendangbiru, dan dalam perkembangannya untuk menjaga independen dalam pengelolaannya, dibentuklah lembaga berbadan hukum Yayasan dengan nama Bhakti Alam Sendangbiru.

Pantai Gatra berada di kawasan administratif dusun Sendangbiru, Desa Sitiharjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sesuai peraturan desa telah ditetapkan sebagai kawasan penyangga dengan status hutan lindung. Sejarah kelam masa pasca era reformasi, kawasan ini telah banyak berubah kondisinya dari hutan lebat mangrove yang dikonversi menjadi lahan pertanian masyarakat. Perubahan lingkungan sangat drastis terjadi sebagai dampak perubahan fungsi lahan, beberapa area yang tidak terurus karena tidak subur menjadi tandus dan terbuka, beberapa masyarakat yang sadar akan masa depan lebih baik telah tergerak untuk melakukan penyelamatan demi keberlanjutan.

Menuju Pantai Gatra

dari kota Malang, jika menggunakan kendaraan pribadi anda melewati Turen dan mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Sendangbiru. Sebagai acuan, ketika sudah dekat di sekitar Sendangbiru bisa bertanya pada masyarakat setempat arah menuju Bank BRI, dari sini akan terlihat beberapa penunjuk arah ke Pantai Gatra melalui jalur Pantai Clungup.

Sebelumnya para pelancong yang lebih banyak didominasi remaja, menuju pantai Gatra melewati pintu masuk Goa China berdasar banyaknya informasi yang tersebar di internet. Namun saat ini, karena alasan keamanan akses menuju pantai Gatra dari Goa China telah ditutup dengan pagar.

Jalur setapak permanen telah dibangun tapi belum seluruhnya, sebagian besar jalan sepanjang 1,3 km melewati jalan tanah. Saat musim kering dan tanah keras, hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk hingga di pintu masuk, selebihnya harus jalan kaki sepanjang 500 m menuju Pantai Clungup atau Pantai Gatra. Kendaraan roda empat harus di parkir di area TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan akan dijaga oleh petugas khusus.

Pantai Gatra, Raja Empat nya Jawa Timur

Beberapa orang menyebut pantai Gatra sebagai Raja Empatnya Jawa Timur di Sendangbiru, pantai yang bersih dengan pasir putihnya, berjajar bukit-bukit kapur disekitar hutan mangrove dan sebaran batu coral, Pantai Gatra sedang memulihkan dirinya

open trip bromo dari malang offroad batu malang sewa jeep bromo

Aktivitas di Gatra: Camping dan Trekking

Menuju ke pantai Gatra, dari awal perjalanan anda sudah harus trekking sejauh 1,3 km hingga menuju pantai yang terlebih dahulu akan melewati pos penjagaan. Jika membawa kendaraan roda dua, anda bisa sedikit menghemat tenaga sampai pos jaga dan tetap akan melanjutkan sekitar 500 meter melewati pantai Clungup.

jalan setapak menuju pantai gatra
Hanya untuk Pejalan Kaki dan Motor
Pantai Clungup dan Gatra adalah pantai-pantai pertama yang bisa anda kunjungi, jika memiliki waktu cukup sekitar 2-3 jam anda bisa melakukan aktivitas susur pantai disepanjang jalur konservasi, mulai pantai Bangsong, pantai Teluk Asmoro, Pantai Mini, Pantai Savana dan Pantai Tiga Warna yang akhir-akhir ini cukup kondang jadi tujuan wisata anak muda. Agar aman dan nyaman perjalanan anda diantar oleh pemandu dengan membayar jasanya antara Rp.50.000,- hingga Rp. 100.000,- untuk beberapa orang dalam satu kelompok.

Jika anda merencanakan menginap di tenda atau camping, tidak perlu kuatir jika tidak memiliki peralatan khususnya tenda, dan alas tidur, di pos penjagaan menyediakan persewaan peralatannya meskipun dengan jumlah terbatas.

camping digemari para remaja dan kelompok sekolah
Area Camping di Pantai Gatra
wisata pulau seribu

Makanan dan Akomodasi

Jika ingin menginap untuk beberapa hari tanpa harus camping, di ruas jalan utama tersedia beberapa rumah masyarakat yang disewakan untuk penginapan pengunjung dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak tersedia hotel di sekitar sini, satu-satunya pilihan hanyalah homestay.

mau berenang di pantai juga boleh

Di dalam area atau kawasan pantai, tidak akan anda jumpai toko dan warung. Ada rencana untuk membangunnya namun lokasinya tidak masih diluar area pantai, tata kelola seperti ini memang disengaja untuk tidak merusak keasrian dan kelesatarian area konservasi di pantai Clungup maupun di Pantai Gatra. Anda harus mempersiapkan bekal makanan atau minuman dari toko-toko sebrang jalan sebelum memasuki kawasan konservasi pantai Gatra

Paket Wisata Open Trip Murah Pulau Jawa Bersama Tourde Java

paket wisata bromo everyday dari surabaya, malang dan batu paket wisata open trip bromo + air terjun madakaripura jawa timur Paket open trip bromo midnight b29 lumajang


Peta Lokasi Pantai Gatra

Judul: Wisata Alam di Pantai Gatra Malang Selatan; Ditulis oleh GO EXPLORE; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Wisata Alam di Pantai Gatra Malang Selatan
Wisata Alam di Pantai Gatra Malang Selatan
Pantai Gatra, Raja Empat nya Jawa Timur, tidak perlu jauh ke Papua untuk menikmati pesona eksotik pulau dan pantainya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiO7jNhvxm3L1GtQL8nmEvba-6ZvDDgwzVmN8XgnKDnI1aYKLdz2D9ryMpyPeTqBcew_zpdU-SLdPFAq7j8HFl1SD0Dd0sOjSTxp779lHCQXam444MhLj2nuL_B3sxIMCB3RpiUBtsGnZk/s640/pantai_gatra.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiO7jNhvxm3L1GtQL8nmEvba-6ZvDDgwzVmN8XgnKDnI1aYKLdz2D9ryMpyPeTqBcew_zpdU-SLdPFAq7j8HFl1SD0Dd0sOjSTxp779lHCQXam444MhLj2nuL_B3sxIMCB3RpiUBtsGnZk/s72-c/pantai_gatra.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2015/05/pantai-gatra-sendangbiru-malang.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2015/05/pantai-gatra-sendangbiru-malang.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy