$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Pangandaran: Memiliki Cagar Alam Pananjung

Wisata Jawa Barat - Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pananjung adalah pusat keanekaragaman hayati di Pangandaran dan berfungsi sebagai ruang konservasi flora dan fauna Indonesia

anda bisa menjumpai langsung Rusa liar di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran

Wisata di Pangandaran, selalu identik dengan keiindahan pantainya, perahu nelayan, karang laut dan kehidupan biota laut, serta pesona sunset dan sunrisenya. Anda tidak salah, tapi ada satu lagi yang masih jarang diketahui kalau Pangandaran juga memiliki kawasan cagar alam yang lokasinya tidak jauh dari pantai, Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran.

Pusat Konservasi Keanekaragaman Hayati

Taman Wisata Alam Pangandaran terletak berhimpitan dengan kawasan konservasi Cagar Alam Pangandaran, terletak pada ketinggian 0-75 mdpl dengan luasan wilayahnya 37,7 Ha, dengan luas blok pemanfaatan seluas 20 Ha dan secara administratif masuk wilayah desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kawasan Taman Wisata Alam Pangandaran memiliki obyek dan daya tarik wisata yang beragam dan bervariasi, khusus anda yang berwisata bersama keluarga, area Taman Alam ini memberikan nilai edukasi untuk anak-anak anda, beberapa diantaranya adalah:
  • Pantai Pasir Putih Timur dan Barat terdapat hamparan terumbu karang yang ditumbuhi beragam biota laut, di area ini sangat tepat untuk sarana pendidikan maupun penelitian tentang Biota Laut. Lokasi yang tepat untuk berenang, snorkelling atau menyelam.
  • Hutan Tanaman Jati dan Mahoni, anda bisa mengobservasi/mengamati serta mengenali tumbuhan jati dan mahoni
  • Vegetasi Pes-Caprae (merupakan formasi vegetasi yang khas pada pasir/pantai yang didominasi oleh tumbuhan kangkung laut (Ipomoea pescaprae)
  • Hutan Pantai, dengan formasi Baringtonia merupakan hamparan hutan pantai yang didominasi oleh tumbuhan jenis Butun (Baringtonia asiatica), Nyamplung (Callophylum innophylum), Pandan Laut (Pandanus tectorius), Waru Laut (Hibiscus tilliceus).
  • Hutan Dataran Rendah, anda dapat mengamati kondisi hutan dataran rendah yang didominasi oleh jenis tumbuhan alam, mulai tumbuhan bawah hingga pepohonan, epiphyta dan parasit.

Fauna Yang Dapat dijumpai di Taman Wisata Alam Pananjung

Fauna yang dapat di temukan lebih dekat dengan kita dan bebas liar adalah Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachipytecus auratus), Landak (Hystrix bracyura), Trenggiling (Manis Javanica), Rusa (Cervus Timorensis) dan Kancil (Tragulus Javanicus).

Sedangkan untuk jenis burung, di kawasan ini anda dapat menemui burung Tulumtumpuk (Magalaema javensis), burung Kangkareng (Anthracoceros convexus), Ayam Hutan (Gallus g varius), Tando (Chynocephalus variegatus) dan juga Ular Sanca (Phyton molurus)

Obyek Lainnya di Taman Wisata Alam

Di dalam Kawasan Taman Wisata Alam ini terdapat beberapa legenda dan cerita rakyat yang terjadi di beberapa lokasi gua, salah satunya adalah Goa Keramat atau Gua Parat yang menurut kisahnya dulunya gua ini merupakan lokasi untuk bertapa dan bersemedi beberapa Pangeran dari Mesir, yaitu Pangeran Kesepuluh (Syech Ahmad), Pangeran Kanoman (Syech Muhammad), Pangeran Maja Agung dan Pangeran Maja Sumende.

Goa Alam (Karst) dan Goa Jepang Sejarah Perang Dunia ke Dua

Di area ini juga tersimpan sejarah Perang Dunia ke dua, salah satu peninggalannya adalah goa Jepang, dengan bantuan seorang pemandu lokal anda bisa memasukinya untuk melihat lebih jauh tentang riwayat dan kondisinya. Jika goa Jepang memang sengaja dirancang dan dibangun oleh manusia untuk keperluan perang, banyaknya goa-goa yang tersebar di beberapa tempat adalah goa bentukan alam. Goa alam di Taman Wisata ini memiliki riwayat sejarah, legenda dan juga ilmiah. Anda dapat mempelajari bagaimana proses pembentukann Stalagtit dan Stalagmit serta ornamen goa lainnya.

Mengarungi Samudra Indonesia

Berkeliling Pantai Pangandaran, jika tidak ingin memutar jalan dan keluar dari pintu masuk Taman Wisata Alam, anda bisa memesan di jemput perahu dan berkeliling di sekitarnya, jika siap dengan peralatan snorkelling tentu lebih baik. Salah satu point yang menarik adalah melintas dan berenang di Batu Layar.
Judul: Pangandaran: Memiliki Cagar Alam Pananjung; Ditulis oleh GO EXPLORE; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Pangandaran: Memiliki Cagar Alam Pananjung
Pangandaran: Memiliki Cagar Alam Pananjung
Wisata Jawa Barat - Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pananjung adalah pusat keanekaragaman hayati di Pangandaran dan berfungsi sebagai ruang konservasi flora dan fauna Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhglJuYoriad0BgCo3qvVvPRpv_LhJeMumjIUjjC1Bv1Xk1T6PiFO6i-U7SB3cEdq2lUeqGo1_-NFY3JUL4IlrVnBhkM1b8FthZOqA8C72_KFt7ZaQkQOtwgxD1_nNdGV81rBSRW1qFdE/s640/rusa_pangandaran.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhglJuYoriad0BgCo3qvVvPRpv_LhJeMumjIUjjC1Bv1Xk1T6PiFO6i-U7SB3cEdq2lUeqGo1_-NFY3JUL4IlrVnBhkM1b8FthZOqA8C72_KFt7ZaQkQOtwgxD1_nNdGV81rBSRW1qFdE/s72-c/rusa_pangandaran.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2015/12/taman-wisata-cagar-alam-pananjung.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2015/12/taman-wisata-cagar-alam-pananjung.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy