$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Jembatan Cinta, Ikon Wisata Pulau Tidung Yang Jadi Magnet Para Jomblo

Wisata Pulau Tidung - Jembatan Cinta yang menjadi ikon Pulau Tidung menjadi salah satu daya tarik wisata di jajaran Pulau Seribu. Selain keindahan pemandangan disekitar nya, cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Jembatan Cinta

wisata bahari pulau tidung menelusuri jembatan cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung dibangun oleh pemerintah kelurahan Pulau Tidung sebagai sarana penghubung antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Tujuan nya agar masyarakat maupun para wisatawan dapat dengan mudah menjangkau Pulau Tidung Kecil tanpa harus menggunakan perahu.

Menurut cerita yang beredar. Suatu waktu di Pulau Tidung bertemulah seorang pria dan wanita yang identitasnya masih menjadi misteri. Mereka pun saling jatuh cinta dan menjadikan jembatan kayu yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung kecil sebagai tempat memadu kasih.

Mereka menyapa matahari terbit, berpegangan tangan dan melewati jembatan dari awal hingga akhir. Akhirnya merekapun menikah dan hidup bahagia. Jembatan yang telah menjadi saksi cinta sejati mereka dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta Pulau Tidung.

Sumber : Tulisan di tugu batu Jembatan Cinta Tidung

Sejarah Pembangunan Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan Cinta Pulau Tidung dengan panjang sekitar 800 meter ini pertama kali dibangun oleh pemerintah Pulau Seribu pada tahun 2005. Jembatan Cinta yang pertama kali dibangun adalah jembatan terapung menggunakan papan kayu disusun diatas drum yang mengambang diatas permukaan laut.

Dengan bantuan tali, Jembatan Cinta ditarik lurus dari Pulau Tidung Besar hingga Pulau Tidung Kecil. Namun jembatan ini tidak kuat menahan terjangan gelombang laut, hanya berkisar 8 bulan Jembatan Cinta di Pulau Tidung ini pun lambat laun akhirnya rusak.

Jalan santai menyebrangi lautan menuju Pulau Tidung Kecil menjadi salah satu aktivitas wisata menarik di Pulau Tidung

wisata pulau tidung, explore jembatan cinta
Jembatan Cinta ketika masih berlantai dari kayu  | photo:kaskus.com

Melihat kebutuhan masyarakat Pulau Tidung dan antusias wisatawan yang datang untuk mengisi Wisata di Pulau Tidung, pada tahun 2008 akhirnya Jembatan Cinta di Pulau Tidung dibangun ulang oleh pemerintah.

Masih dengan menggunakan bahan dasar kayu, namun kali ini jembatan dibangun lebih kokoh dengan menanam tiang-tiang pancang dari kayu ke dasar laut untuk menopang badan jembatan.

Jembatan dibangun dengan track sedikit membelok ke arah kanan mengikuti dasar laut yang dangkal agar tidak terlalu dalam menanam pancang kedasar laut. Bertahan lebih lama dari jembatan yang di bangun sebelum nya namun Jembatan Cinta tidak mampu bertahan dan kembali mengalami kerusakan.

Renovasi Jembatan Cinta Tahap Akhir

Pada 2010 Jembatan Cinta kembali direnovasi, kali ini tiang pancang yang ditanam ke dasar laut terbuat dari beton yang kokoh, namun lantai jembatan masih terbuat dari kayu.

Lalu pada tahun 2012 Jembatan Cinta kembali di renovasi dengan membangun lantai jembatan berbahan beton. Sampai dengan saat ini Jembatan Cinta terus menerus di percantik agar terlihat lebih indah.

Pengecatan ulang, renovasi lantai, pemasangan lampu, dan lain-lain terus dilakukan untuk menjaga keindahan dan kekuatan Jembatan Cinta yang terbukti memang mampu menambah minat wisatawan untuk berlibur dan mengisi Wisata di Pulau Tidung.

Jembatan Cinta saat ini, selain tampak lebih cantik juga di bangun kokoh demi kenyamanan para wisatawan yang berlibur di Pulau Tidung

wisata Jembatan cinta pulau tidung kepulauan seribu selatan
Jembatan Cinta saat ini selain lebih indah, juga jauh lebih kokoh

Wisata di Jembatan Cinta Pulau Tidung

Selain sebagai penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jembatan Cinta ramai dikunjungi orang karena keunikan serta berbagai aktivitas wisata disekitar jembatan yang disenangi wisatawan.

Keunikan yang ada pada Jembatan Cinta yaitu, mencoba keberuntungan agar dipertemukan dengan jodoh atau pasangan.

Cara nya adalah dengan melompat terjun bebas dari atas Jembatan Cinta. Bagi mereka yang berani melakukan lompatan dari atas jembatan, di percaya akan menemukan pasangan bahkan jodoh tak lama lagi.

Bisa saja pada saat sedang wisata di Pulau Tidung, atau mungkin setelah selesai melaksanakan liburan di Pulau Tidung. Mengenai kebenaran cerita atau anggapan ini tentunya silahkan anda sendiri yang menyimpulkan.

"Terjun bebas di Jembatan Cinta mencoba kemungkinan, akankah mendapat calon? atau tetap menjomblo?"

menikmati wista bahari di sekitar jembatan cinta pulau tidung terjun dari atas jembatan cinta pulau tidung

Aktivitas Wisata Menarik Destinasi Jembatan Cinta

Kawasan Jembatan Cinta Pulau Tidung menjadi lokasi yang paling ramai dikunjungi para wisatawan yang sedang tour di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Hal ini wajar karena cukup banyak aktivitas santai maupun yang memacu adrenalin dapat dilakukan di lokasi ini. Beberapa aktivitas wisata di sekitar Jembatan Cinta antara lain :
  • Terjun bebas dan berenang di tepi Jembatan Cinta
  • menyaksikan sunset dan sunrise
  • mencoba keseruan aktivitas water sport
  • snorkeling santai
  • wisata kuliner pinggir pantai
  • berburu photo-photo keren
  • dan lain-lain

Cara Menuju Jembatan Cinta

Lokasi Jembatan Cinta berjarak kurang lebih 1,5 - 2 Kilometer dari area pemukiman masyarakat di Pulau Tidung Besar yang juga merupakan area penginapan homestay tempat bermalam para wisatawan selama di Pulau Tidung.

Untuk menuju ke lokasi ini kita sebaik nya menggunakan sepeda yang banyak disewakan di Pulau Tidung. Arahkan perjalanan ke arah Timur Pulau Tidung hingga keujung Pulau Tidung Besar kita akan bertemu dengan Ikon Pulau Tidung Jembatan Cinta.

Peta Lokasi Jembatan Cinta Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Judul: Jembatan Cinta, Ikon Wisata Pulau Tidung Yang Jadi Magnet Para Jomblo; Ditulis oleh irwansyah; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Jembatan Cinta, Ikon Wisata Pulau Tidung Yang Jadi Magnet Para Jomblo
Jembatan Cinta, Ikon Wisata Pulau Tidung Yang Jadi Magnet Para Jomblo
Wisata Pulau Tidung - Jembatan Cinta yang menjadi ikon Pulau Tidung menjadi salah satu daya tarik wisata di jajaran Pulau Seribu. Selain keindahan pemandangan disekitar nya, cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Jembatan Cinta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjokmtxHbx-Jp2QVaXPTizkWO6NSVG-P5YWzn40h7LL-swTZsR-YhLS3cEHIHSoFT6bojiZktG4nAU4jvKlm9IkaBg6WUgCmDra5H_HnoG4v1Md4CZrfMOt40FRQDvl4YJmespk0wj_TJs/s720/jembatan-cinta-pulau-tidung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjokmtxHbx-Jp2QVaXPTizkWO6NSVG-P5YWzn40h7LL-swTZsR-YhLS3cEHIHSoFT6bojiZktG4nAU4jvKlm9IkaBg6WUgCmDra5H_HnoG4v1Md4CZrfMOt40FRQDvl4YJmespk0wj_TJs/s72-c/jembatan-cinta-pulau-tidung.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2017/08/jembatan-cinta-pulau-tidung.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2017/08/jembatan-cinta-pulau-tidung.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy