$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon, Pengalaman di Surga Terpencil di Ujung Barat Pulau Jawa

Pulau Peucang, Pulau Badul, Pulau Handeleum dan Muara Cigenter adalah bagian dari destinasi wisata di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon di Propinsi Banten



Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang memiliki luas kurang lebih 122.956 hektar diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia (Natural World Heritage Site) pada tahun 1992 oleh UNESCO. Pada tahun yang sama kawasan di ujung paling Barat Pulau Jawa ini juga diresmikan menjadi Taman Nasional pertama yang dimiliki Indonesia.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan rumah bagi populasi Badak Jawa (Badak Bercula Satu) yang saat ini menjadi salah satu satwa mamalia paling langka di muka bumi. Hanya ada puluhan ekor saja Badak yang tersisa di Taman nasional Ujung Kulon saat ini.

Bukan hanya rumah bagi Badak Jawa bercula satu yang langka, Taman nasional Ujung Kulon juga dihuni hewan lain seperti Macan Tutul, Banteng, Kucing Batu, Rusa, Merak hijau, Babi Hutan, Biawak dan masih banyak lagi. Deretan bermacam tumbuhan langka pun ikut melengkapi ekosistem hutan di Taman nasional Ujung Kulon Banten.

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Ditetapkan sebagai Taman Nasional, tentu saja area ratusan hektar Ujung Kulon tidak diperkenankan untuk dihuni oleh penduduk. Alam yang tumbuh dan berkembang secara alamiah tanpa gangguan tangan manusia ini membentuk Taman Nasional menjadi wilayah yang memiliki keindahan alami.

Cukup banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik ingin menyaksikan dan menikmati langsung keindahan yang dimiliki destinasi wisata Taman nasional Ujung Kulon, yang tentunya diisi dengan aktivitas wisata seru ditengah keindahan alam nya yang mempesona.

Pulau Peucang adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan saat liburan dan mengisi wisata di Taman Nasional Ujung Kulon Banten.


Menyatu Dengan Alam di Pulau Peucang

Pulau Peucang adalah pulau yang selalu dipilih wisatawan untuk mencari penginapan dalam rangkaian aktivitas wisata di Ujung Kulon Banten. Namun karena jumlah penginapan yang ada sangat terbatas di pulau ini, kita harus melakukan reservasi penginapan di pulau Peucang jauh hari sebelum tanggal pelaksaan wisata.

Dari pantai Sumur para traveller berangkat menuju Pulau Peucang menggunakan kapal tradisional milik nelayan lokal. Butuh waktu 3-4 jam menempuh perjalanan laut menuju Pulau Peucang menggunakan kapal dengan kapasitas penumpang sebanyak 40-50 orang.

Pulau Peucang memiliki luas kurang lebih 450 hektar, dihuni oleh berbagai macam satwa liar seperti rusa, kera ekor panjang, babi hutan, biawak, dan masih banyak lagi. Pertumbuhan jumlah satwa herbivora yang cukup baik di Pulau Peucang menandakan sangat jarangnya satwa predator di lokasi ini.

Penginapan di Pulau Peucang

Tak banyak bangunan yang didirikan di Pulau Peucang, hanya terdapat beberapa bangunan desain panggung sederhana yang dijadikan tempat menginap dan menampung para traveller yang ingin menikmati wisata di Taman Nasional Ujung Kulon Banten. Terdapat juga satu bangunan Posko Balai Taman Nasional Ujung Kulon yang bertugas sebagai pengawas wilayah Pulau Peucang sekaligus pusat informasi Taman Nasional Ujung Kulon.



Fasilitas penginapan yang tersedia di Pulau Peucang hanyalah fasilitas sederhana yang tentu saja sangat jauh berbeda dengan fasilitas hotel yang dijumpai di kota. Anda harus siap dengan fasilitas yang ada jika memutuskan untuk menginap di Pulau Peucang. Namun ketersediaan air yang cukup, kamar dan kasur sederhana, kamar mandi, musholla, serta warung kecil untuk membeli beberapa kebutuhan dalam jumlah secukupnya masih bisa kita dapatkan di lokasi ini.

Aktivitas Wisata di Pulau Peucang

Selain sebagai tempat bermalam dan istirahat, ada beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Pulau Peucang antara lain,

Trekking santai jelajah hutan, Karang Copong adalah titik akhir dalam perjalanan menembus hutan dengan berjalan kaki santai sejauh kurang lebih 2 Km. Pemandangan pantai dengan ombak dari laut lepas menghantam karang-karang besar adalah pertunjukan alam yang akan kita nikmati di karang Copong. Selama berada ditengah hutan Pulau Peucang kita akan menjumpai beberapa satwa liar seperti rusa, kera, babi hutan, dan lain-lain. Tak hanya hewan, beberapa Tumbuhan langka juga akan kita temui di lokasi ini.


Aktivitas pinggir pantai, Karakter pasir pantai Pulau Pecang yang begitu putih dan halus menggoda para traveller untuk bersenang senang di pinggir pantai. Tak hanya pasir nya, namun kejernihan air di Pulau Peucang pun tak pernah dilewatkan para wisatawan yang sedang berada di Pulau ini. Karena kealamian alam nya yang masih terjaga baik, akan sangat mudah bagi kita menyaksikan segerombolan ikan yang jelas nampak dari atas dermaga, bahkan dapat terlihat dari tepi pantai sekalipun.

Mancing Ikan sambil melatih kesabaran, wajar saja para pehobby pancing tergoda untuk melemparkan mata kail di Pulau Peucang. Ribuan ikan yang berenang bergerombol tak jauh dari dermaga kecil Pulau peucang dapat kita lihat langsung dengan jelas dari atas airnya yang jernih. Namun jangan salah, tak sedikit para traveller mengeluh sulit mendapatkan ikan walaupun umpan sudah dilempar ditengah-tengah kerumunan ikan. Berbagai macam ikan termasuk ikan GT sering muncul mendekati dermaga untuk mencari makanannya.

Menyambut sang Mentari pagi, Jangan bangun kesiangan bila ingin menyaksikan keindahan cahaya matahari timbul perlahan dari balik pulau dan lautan. Area dermaga adalah tempat yang paling pas menyaksikan keindahan pemandangan pagi di Pulau Peucang. Aktivitas ini menjadi aktivitas pagi paling digemari sambil menghirup udara yang segar dan bersih tanpa polusi.

paket wisata pulau peucang Hunting spot photo dan video, Pulau Peucang bukanlah pulau yang dihuni oleh penduduk, itu sebabnya pulau ini menjadi sangat terjaga ke alamiannya. Tentu saja keindahan disetiap sudut pulau ini adalah keindahan tanpa campur tangan manusia, sangat eksotik dan natural.

Interaksi dengan Satwa liar, Bukan pemandangan yang langka melihat satwa liar berlalulalang dan bermain di sekitar Pulau Peucang. Namun jangan khawatir, walaupun mereka adalah satwa liar yang hidup dialam bebas dihabitat aslinya, hewan-hewan ini bukanlah hewan buas yang mudah marah dan menyerang manusia, namun dengan catatan kita juga tidak menyakiti dan mengganggu mereka.

Ikut Dalam Wisata Ujung Kulon Banten

Ingin merasakan langsung keseruan wisata ditengah keindahan alami Taman Nasional Ujung Kulon Banten? Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengikuti wisata gabungan atau Open Trip Ujung Kulon. Selain biaya wisata yang relatif hemat, Anda tak perlu susah payah harus mengumpulkan banyak orang agar bisa menginjakkan kaki dan memulai petualangan di Taman Nasional Ujung Kulon.

paket wisata pulau peucang ujung kulon

Peta Lokasi Pulau Peucang Ujung Kulon

Judul: Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon, Pengalaman di Surga Terpencil di Ujung Barat Pulau Jawa; Ditulis oleh irwansyah; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon, Pengalaman di Surga Terpencil di Ujung Barat Pulau Jawa
Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon, Pengalaman di Surga Terpencil di Ujung Barat Pulau Jawa
Pulau Peucang, Pulau Badul, Pulau Handeleum dan Muara Cigenter adalah bagian dari destinasi wisata di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon di Propinsi Banten
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn0bLpcSxcSelPMQzzfZMcC66XdWyohDAdjIk6Fs8E9D_t-aYyZCHL4NAkKKfzUuc_9KWx69zZb7SPKYaD1n6gX3aQyeJOnGOAaBGEMvCe3DD56aKDE68Z3Z_uM6nnz_Sgi5bc6dwYNMU/s760/Pulau-peucang.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn0bLpcSxcSelPMQzzfZMcC66XdWyohDAdjIk6Fs8E9D_t-aYyZCHL4NAkKKfzUuc_9KWx69zZb7SPKYaD1n6gX3aQyeJOnGOAaBGEMvCe3DD56aKDE68Z3Z_uM6nnz_Sgi5bc6dwYNMU/s72-c/Pulau-peucang.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2018/01/wisata-pulau-peucang.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2018/01/wisata-pulau-peucang.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy