$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Green Canyon: Ngarai Hijau Toska di Pangandaran

Wisata Jawa Barat - Petualangan seru dan wisata alam di Green Canyon dan Pangandaran, eksplorasi gua dan kawasan karst, body rafting dan wisata pantai

Pengarungan Sungai Cijulang hingga Green Canyon
Serunya berenang di Cukang Taneuh yang Hijau Tosca
Pangandaran adalah salah satu kawasan karst yang ada di zona selatan Jawa, selain Pangandaran (Ciamis) Jawa Barat memiliki kawasan karst lainnya di daerah Purwakarta dan Cibinong.

Kawasan dengan ekosistem karst ini memiliki keanekaragaman hayati dan kekayaan ekosistem yang masih belum terungkap seluruhnya. Salah satu ciri yang sangat menonjol pada kawasan ini adalah memiliki banyak gua dari proses bentukan alam dengan lansekap yang unik.
Kawasan Karst merupakan bentang alam yang memiliki kondisi hidrologi dan bentuk lahan spesifik yang berkembang di batuan mudah larut (batugamping, marmer, gipsum, halit) dan memiliki rekahan.

Asal-Usul Green Canyon

adalah Cukang Taneuh, salah satu lansekap tropis yang unik terletak di desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat. Nama lokal yang berarti jembatan tanah dengan lebar 3 meter dan panjang 40 meter, sebagai sarana penghubung masyarakat dari desa Kertayasa dengan desa Batu Karas.

Gua Green Canyon, Pangandaran
Menikmati segar dan beningnya Sungai Cijulang
Bagi masyarakat setempat, fenomena alam ini dianggap biasa saja sekedar memanfaatkan fungsi penghubung antar dua desa yang berdekatan. Tapi akan jadi beda jika sekelompok pelancong dari Perancis yang berkunjung ke tempat ini, yang akhirnya sejak 1993 mereka melejitkan lokasi ini dengan nama populernya Green Canyon.

Green Canyon terbentuk dari hasil proses pelarutan batuan kapur dari sungai bawah tanah yang mengalir diantara celah dan ceruk bebatuan. Proses ini berlangsung selama ribuan tahun sehingga membentuk ngarai dan menembus batuan karst sehingga membentuk ornamen-ornamen cantik seperti stalagtit dan stalagmit.

Air Sungai Cijulang yang melintasi Green Canyon sangat jernih dengan lumut yang melimpah sehingga mempengaruhi warna air menjadi hijau tosca, ini juga yang menjadikan alasan Cukang Taneuh diperkenalkan dengan nama brandingnya Green Canyon.

Menuju Green Canyon

Dari Jakarta atau Bandung, rute utama menuju Green Canyon adalah ke arah Pangandaran. Dengan jarak tempuh 31 km dari Pangandaran, jika menggunakan transportasi umum, dari terminal Pangandaran dilanjutkan dengan minibus menuju terminal Cijulang dan selanjutnya dapat menggunakan ojeg yang mangkal disekitarnya.

Menyusuri Sungai Cijulang hingga ke Green Canyon

Tersedia fasilitas parkir yang luas dan memadai untuk wisatawan yang menggunakan bus besar, berseberangan dengan lahan parkir anda memasuki dermaga atau loket masuk menuju obyek wisata Green Canyon.

Perahu Wisata Green Canyon
Pintu Gerbang Green Canyon, hanya bisa dilalui dengan Perahu Wisata

Biaya Masuk Obyek Wisata Green Canyon

Selanjutnya anda akan membayar restribusi masuk lokasi wisata Green Canyon dan menyewa perahu. Tiap perahu dapat memuat hingga 5 (lima) orang pelancong yang akan di antar menyusuri sungai Cijulang menuju Green Canyon dengan jarak 3 km atau dapat ditempuh dalam waktu 30-45 menit.

Harga tiket masuk sebesar Rp. 150.000,- termasuk sewa perahu antar jemput dengan kapasitas maksimal 6 (enam) orang. Jika dengan tambahan aktivitas berenang, Semi Body Rafting ada tambahan sebesar Rp. 350.000,- (1 perahu - 6 orang) sebagai biaya tambahan sewa perlengkapan safety dan pemandu lokal.

Setiap hari, loket wisata Green Canyon di buka mulai 07.30 WIB - 16.00 WIB, kecuali hari Jum'at semua aktivitas dimulai selepas ibadah sholat Jum'at 13.00 WIB.

Dari dermaga (loket), anda akan mengarungi beningnya Sungai Cijulang diantar dengan perahu motor. Pengarungan menempuh sepanjang 3 km atau dalam waktu 30-45 menit, anda akan dimanja oleh keasrian alam sekitar, di sepanjang jalur sungai yang anda lihat didominasi oleh warna hijau rimbunnya hutan dan lebatnya pohon yang menjaga sungai. Sesekali terlihat kadal besar biawak sedang sibuk berburu mangsa.

Aktivitas Seru di Green Canyon

Diakhir perjalanan, perahu akan memasuki celah sempit diantara batu besar yang memisah sungai, ada petugas yang berjaga diatas batu untuk mengatur lalu-lintas perahu dengan bendera, seperti di persimpangan trafic light jika di jalan raya. Perahu motor harus masuk jalur satu-persatu untuk menjaga tidak saling bertabrakan.

Menikmati dinginnya air hijau tosca
serunya Body Rafting di Green Canyon
Body Rafting di Green Canyon
Safety First, Keamanan membuat lebih nyaman
Perjalanan perahu terhenti di antara arus sungai yang deras dan bongkah batu besar yang mengapitnya. Anda sudah berada di goa atau lorong batu dan langsung menyaksikan ngarai hijau yang spektakuler. Selanjutnya terserah anda, cukup puas bertengger di pulau batu atau melanjutkan pengarungan dengan berenang?

Tidak harus benar-benar bisa berenang, karena jika anda memang bisa berenang sekalipun, prosedur keselamatan menggunakan pelampung akan ditetapkan, aturan lainnya adalah harus didampingi oleh pemandu lokal.

Tips Wisata ke Green Canyon

  • Waktu yang paling tepat ber-wisata ke Green Canyon adalah saat musim kemarau. Jika musim hujan dan terjadi luapan air sungai, pada batas tertentu Green Canyon akan ditutup untuk pengunjung demi keamanan.
  • Tiap weekend (sabtu-minggu) lebih-lebih saat liburan Nasional dan sekolah, Green Canyon sarat dengan pengunjung. Jika waktu memang tidak bisa memilih lagi agar lebih leluasa selama aktivitas Body Rafting, usahakan bisa memulai lebih pagi.
  • Sediakan uang yang cukup, obyek wisata ini belum tersedia ATM, sebaiknya dipersiapkan secukupnya karena ATM terakhir dapat dijumpai di SPBU di tengah perjalanan Pangandaran - Cukang Taneuh.
  • Berangkat bersama rombongan tentu lebih meringankan biaya sewa perahu (Rp. 150.000,-) dibanding berdua atau sendiri.
  • Perlengkapan penting yang jangan sampai ketinggalan adalah baju ganti dan tentu saja kamera tahan air. Jika hanya kamera biasa atau hp, para pemandu akan mempersiapkan drybag dan menjaga tetap aman dari air.
  • Jika dengan rombongan kecil, pertimbangkan malam sebelumnya menginap di pantai Batu Karas, yang jaraknya tidak terlalu jauh hanya 10 menit dengan kendaraan pribadi. Persiapan pagi menuju Green Canyon lebih mudah dan dapat bonus pemandangan pantai yang hening.

COMMENTS

open trip green canyon
explore pulau seribu
Nama

adventure,7,agrowisata,2,aktivitas,4,baluran,3,bandung,1,banten,2,body rafting,1,bromo,2,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,destinasi,19,dieng,4,explore,6,field trip,1,gunung,3,headline,1,jeram,2,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,pangandaran,6,pulau harapan,6,pulau seribu,8,river tubing,1,safari,1,satwa liar,5,sendangbiru,3,sunrise,3,sunset,2,taman nasional,4,travel story,1,trekking,3,wisata alam,11,wisata anak,1,wisata edukasi,1,wisata jawa barat,6,wisata jawa tengah,3,wisata jawa timur,11,wisata kota,2,wisata pantai,12,wisata pulau,8,wisata sejarah,1,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Green Canyon: Ngarai Hijau Toska di Pangandaran
Green Canyon: Ngarai Hijau Toska di Pangandaran
Wisata Jawa Barat - Petualangan seru dan wisata alam di Green Canyon dan Pangandaran, eksplorasi gua dan kawasan karst, body rafting dan wisata pantai
http://3.bp.blogspot.com/-6l9DDCJxHt4/VR9ssRSn5PI/AAAAAAAAET8/c537ewzjGa0/s640/cijulang_greencanyon.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-6l9DDCJxHt4/VR9ssRSn5PI/AAAAAAAAET8/c537ewzjGa0/s72-c/cijulang_greencanyon.jpg
Wisata Pulau Jawa
http://www.tourdejava.net/2015/04/wisata-alam-di-green-canyon-pangandaran.html
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/
http://www.tourdejava.net/2015/04/wisata-alam-di-green-canyon-pangandaran.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy