$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Wisata Pulau Seribu? Simak 4 Pulau Wisata Terlaris di Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Seribu, destinasi wisata pulau dan pantai yaitu Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Resort Kepulauan Seribu

Destinasi wisata pulau seribu
Wisata Pulau Seribu. Hingga saat ini Kepulauan Seribu masih menjadi salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan yang berasal tidak jauh-jauh, yaitu Wisatawan dari kota Jakarta Sendiri.

Dibalik itu tidak sedikit pula masyarakat yang sudah sangat sering mendengar nama kepulauan Seribu tapi belum kunjung melihat langsung keindahan pemandangan yang berada di Teluk Jakarta ini.

Bila Anda yang sekarang sedang berada di halaman ini karena ingin mengumpulkan informasi seputar Pulau Seribu, ya.. kami akan berbagi informasi baik destinasi, aktivitas wisata, fasilitas wisata, dan beberapa informasi lain untuk melengkapi data Anda sebelum berangkat dan wisata di Kepulauan Seribu Jakarta.

Sekilas Tentang Kepulauan Seribu Jakarta

Meskipun diberi nama Pulau Seribu, tapi gugusan kepulauan yang terletak di Teluk Jakarta ini tidaklah mencapai angka ribuan pulau. Tercatat sekitar 342 pulau yang tersebar di 2 kecamatan dibawah Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Meskipun tidak sampai seribu Pulau, tapi tetap saja ratusan bukanlah jumlah yang sedikit untuk hitungan jumlah Pulau disebuah teluk.

Kedua Kecamatan itu yakni Kecamatan Pulau Seribu Utara dan Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Dari ratusan pulau yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Seribu, 11 pulau diantaranya menjadi pulau hunian penduduk.

Agar Kelesetarian tetap terjaga di Kepulauan Seribu, pemerintah sudah membagi wilayah Kepulauan Seribu menjadi 3 zona berdasarkan kepentingan nya, yaitu :
  • [message]
    • ##info-circle## 3 Zona Kepulauan Seribu berdasarkan Fungsi dan Peruntukan nya
        1. Wilayah Kepulauan Seribu yang dikhusukan untuk kepentingan Industri, dengan membolehkan masyarakat memanfaatkan kekayaan alam nya untuk kebutuhan industri. Tentunya diatur dengan aturan dan batasan-batasan yang sangat ketat.
        2. Wilayah Kepulauan Seribu yang difungsikan untuk kepentingan Taman Nasional dan Wisata Alam bertema Bahari tentunya.
        3. Wilayah Kepulauan Seribu dengan fungsinya sebagai Wilayah Cagar Alam yang dilindungi kelestarian nya
Sub Judul nya tadi dimulai dengan kata sekilas, jadi kita hanya mengupas beberapa info saja diluar tema wisata untuk menambah informasi sedikit tentang Kepulauan Seribu.

Kita fokus pada point nomor 2 yaitu Kepulauan Seribu sebagai Destinasi Wisata bagi para pelancong yang ingin menikmati Pesona Wisata Bahari di Pulau Seribu.

jernihnya air laut di pulau gosong kepulauan seribu

Pulau-Pulau Tujuan Wisata di Kepulauan Seribu

Pulau Seribu membagi pulau untuk Kebutuhan wisata menjadi 2 type pulau, Yaitu : Pulau Wisata berpenduduk dan Pulau Resort. Tentunya ke dua pulau ini memiliki karakteristik yang berbeda khususnya dalam hal pelayanan dan penyediaan fasilitas wisata.

1. Pulau Wisata Berpenduduk

Pulau berpenduduk, maksudnya kita ingin melaksanakan wisata di Pulau Seribu namun memilih menginap di pulau yang juga dihuni oleh penduduk Pulau Seribu. Penginapan yang ditawarkan berupa Homestay, atau penginapan yang bentuknya sama seperti tempat tinggal penduduk Pulau Seribu.

2. Pulau Resort

Adalah pulau yang memang hanya ada bangunan resort yang difungsikan untuk tempat menginap wisatawan selama menghabiskan masa liburan di Pulau Seribu. Tidak ada bangunan pemukiman yang berdiri di area Pulau Resort Pulau Seribu.

Kali ini tourdejava.net hanya fokus membahas Pulau Wisata yang berpenduduk, Pulau Resort akan kita uraikan terpisah dari halaman ini yaa...

Pulau dolphin kepulauan seribu

5 Pulau Wisata Berpenduduk di Kepulauan Seribu

Secara acak lima Pulau Wisata di Kepulauan Seribu yang dimaksud adalah :
  1. Pulau Harapan
  2. Pulau Pari
  3. Pulau Pramuka
  4. Pulau Tidung
  5. Pulau Kelapa
Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Pramuka berada di wilayah Kepulauan Seribu Utara. Sedangkan Pulau Pari dan Pulau Tidung berada di wilayah Kepulauan Seribu Selatan.

Artinya, bila Wisatawan memutuskan ingin wisata di Pulau Seribu yang berpenduduk dan memilih penginapan homestay untuk kebutuhan akomodasi, wisatawan bisa memilih satu dari lima pulau diatas untuk jadi destinasi wisata di Pulau Seribu.

Mari kita lihat satu persatu Pulau Wisata yang ada di Kepulauan Seribu ini.

1# Wisata di Pulau Harapan


Pulau harapan berjarak kurang lebih 60 kilometer dari Jakarta. Kita bisa menuju Pulau Harapan menggunakan 2 jenis Kapal.

Yang pertama yaitu menggunakan Kapal Cepat atau Speed Boat yang berangkat setiap pagi hari dari dermaga Marina Ancol Jakarta dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam. Pukul 7.00 WIB para wisatawan sudah harus berada di dermaga Marina Ancol menunggu keberangkatan.

Yang kedua menggunakan Kapal Feri Kayu yang diberangkatkan dari Dermaga Muara Angke setiap pagi hari jam 8.00 WIB, dengan durasi perjalanan sekitar 2,5 hingga 3 jam lamanya.

kapal feri pulau seribu speedboat transport menuju pulau seribu

Transportasi Kapal Menuju Pulau Harapan

Kapal Feri dan Speed Boat ini adalah jenis kapal yang sama yang juga digunakan untuk menuju pulau-pulau wisata lain nya di Pulau Seribu selain Pulau Harapan.

Kapal Feri memiliki daya tampung dari 70 hingga 150 penumpang. Jumlahnya memang jadi tidak sama karena kapal Feri yang tersedia di Muara Angke punya body dan bobot berbeda-beda. Ini karena memang bukan hanya satu operator saja yang menyediakan Transport menuju Pulau Seribu. Ada beberapa operator dengan nama yang berbeda seperti Kapal Merpati, Kapal Miles, Kapal Garuda, Kapal Purbaya dan lain-lain.

Dari Marina Ancol kita menggunakan Speed Boat dengan jenis yang sama karena memang hanya satu operator yang beroperasi di Dermaga Marina Ancol yaitu Sea Marine. Kapasitas Speed Boat reguler yang tersedia di dermaga Marina Ancol sekitar 50-70 penumpang.

Harga Tiket Kapal Tujuan Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Note : Harga per Orang Tiket Kapal Sekali Jalan
TransportWeekdayWeekendDermaga
Kapal FerryIDR 92.000IDR 92.000Muara Angke
Speed BoatIDR 295.000IDR 295.000Marina Ancol

Cara Membeli Tiket Kapal Menuju Pulau Harapan

Anda bisa membeli Tiket Kapal Menuju Pulau Harapan Kepulauan Seribu dengan 3 cara, yaitu :
  1. Membeli Tiket secara Online
  2. Datang Langsung ke Dermaga baik Muara Angke atau Marina Ancol
  3. Memesan Tiket melalui Agen Wisata
1. Membeli Tiket Kapal secara Online
Untuk mempermudah wisatawan mendapatkan Tiket Kapal tujuan Pulau Seribu, pengelola telah menyediakan halaman yang bisa di akses dari ponsel untuk membeli tiket tujuan Pulau Seribu menggunakan Kapal Ferry. Anda bisa masuk ke halaman website dengan meng Klik Link berikut,
Tiket Online Kapal Ferry Pulau Seribu.

2. Membeli tiket kapal penyebrangan di Dermaga
Tersedia loket penjualan tiket di Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol. Rasanya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan tiket kapal di dermaga. Namun disarankan Anda datang lebih pagi ke dermaga jika tidak ingin berdiri di antrian yang cukup panjang, atau malah kehabisan tiket Kapal tujuan Pulau Seribu karena datang kesiangan.

3. Membeli Tiket Melalui Agen Wisata

Ini cara yang paling praktis, para Agen Wisata sudah menyediakan Paket Wisata Pulau Harapan lengkap dengan Tiket Kapal PP, penginapan Homestay, makan selama wisata, sewa perahu wisata, peralatan snorkeling, dan sebagainya. Cara ini memang yang paling direkomendasikan bagi Anda yang baru pertama kali akan wisata di Pulau Harapan.

Anda bisa melihat contoh bentuk penawaran Paket Lengkap Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu dengan Klik link berikut.
pemandangan underwater pulau harapan

Aktivitas Wisata Pulau Harapan

Informasi aktivitas Wisata adalah salah satu yang terpenting Anda dapatkan sebelum memutuskan pulau mana yang dituju untuk destinasi wisata dikepulauan Seribu nanti. Terlebih jika kita pergi bersama keluarga atau rekan-rekan kita dengan rentang usia dan kemampuan fisik yang tidak sama.

Tidak ingin juga kan beberapa aktivitas wisata hanya bisa dinikmati sebagian orang dalam rombongan, sementara yang lain hanya menunggu karena enggan mengikuti aktivitas wisata yang ada dilokasi wisata.

Dengan mengumpulkan informasi terlebih dahulu kita bisa mendiskusikan nya didepan agar semua lebih mengerti dan bersiap dengan aktivitas wisata yang akan dilakukan selama berada di Pulau Seribu khusus nya.

Tanpa berpanjang-panjang mari kita lihat aktivitas wisata apa saja yang kita dapatkan di Pulau Harapan Kepulauan Seribu.

1. Snorkeling di Pulau Harapan

Karena berada di bagian Utara Pulau Seribu, alhasil Pulau Harapan memang memiliki lokasi yang cukup jauh dari Jakarta. Tapi ini juga sekaligus menjadi kelebihan dari Pulau Harapan.

Karena jaraknya yang cukup jauh dari pemukiman kota, banyak titik atau spot snorkeling yang sangat jarang terjamah oleh manusia. Tentu keragaman biota laut, yang jarang kita lihat di tempat lain bisa kita dapatkan di Pulau Harapan. Belum lagi visibilitas underwater nya yang jernih karena sangat jarang kapal besar berlalu-lalang di sekitarnya.

Tentu saja kejernihan air, indahnya terumbu karang, dan banyak nya ikan yang berlalu lalang menjadi modal utama buat foto spektakuler kita saat snorkeling.
Hehe... gak ragu dong buat tampilin di instagram ; )

Bisa dibilang ini salah satu kelebihan yang dimiliki Pulau Harapan bila ingin menobatkan nya sebagai tujuan wisata Anda di Pulau Seribu.

2. Island Hopping di Pulau Harapan

wisata island hopping pulau harapan Pulau Harapan sendiri adalah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Membawahi 30 pulau disekitarnya, dimana 2 pulau diantaranya adalah pulau berpenduduk yaitu Pulau Harapan, dan Pulau Bira.

Jadi bukan tanpa alasan bila kita sedang wisata di Pulau Harapan, aktivitas wisata Island Hopping ini menjadi salah satu yang disuguhkan oleh Pulau Harapan yang juga sangat diminati para wisatawan. Beberapa dari 30 pulau yang ada di Pulau Harapan boleh dikunjungi oleh wisatawan.

Memang tidak semua pulau bisa kita singgahi selama Wisata di Pulau Harapan, karena sebagian pulau adalah Pulau yang di kelola resort, beberapa pulau masuk dalam zona inti perlindungan, pulau yang masuk dalam zona Cagar Alam Kepulauan Seribu yang dilindungi, dan ada juga pulau pribadi yang kita tidak bisa sembarangan masuk ke area pulau.

Tapi jangan khawatir, pulau-pulau wisata yang diperbolehkan pemerintah untuk dikunjungi wisatawan adalah pulau-pulau yang juga cukup menawan. Sebut saja Pulau Perak, Pulau Dolphin, Pulau Gosong, Pulau Bulat, Pulau Kelapa Dua dan beberapa pulau lagi yang bisa jadi pilihan pulau persinggahan dalam aktivitas Island Hopping di Pulau Harapan.

3. Main Pasir Dan Berenang di Pantai

Saat aktivitas Island Hopping dan singgah di pulau-pulau tujuan, kita akan disuguhkan pemandangan lautan yang jernih, view pulau-pulau tetangga yang saling berdekatan, dan pasir putih di semua pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Uniknya memang semua pasir pantai dan pulau yang ada di Kepulauan Seribu berwarna putih bersih.

Kejernihan dan bersihnya pantai di pinggiran pulau cukup menggoda kita untuk bermain pasir dan berenang di pinggiran pantai.

pemandangan sunset pulau harapan

4. Hunting Sunset dan Sunrise di Pulau Harapan

Melengkapi aktivitas wisata siang hari di Pulau Harapan, di penghujung hari kita menikmati keindahan sunset atau terbenamnya Matahari.

Menyaksikan sunset bisa bisa saja kita mendapatkan nya di pulau-pulau sekitar saat masih berkunjung ketika island hopping, atau bisa juga saat kita masih diatas perahu jelajah diperjalanan kembali ke Pulau Harapan sehabis aktivitas Island Hopping.

Melihat sunset dari perahu saat perjalanan kembali menuju Pulau Harapan memang yang paling direkomendasikan supaya tidak gelap-gelapan diperahu saat di perjalanan. Mengingat butuh waktu sekitar 45 menit dari spot snorkeling dan pulau-pulau tujuan saat island hopping untuk sampai kembali di Pulau Harapan.

5. Barbeque Bakar Ikan Laut

Malam hari di Pulau Harapan tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Selain itu memang rata-rata wisatawan merasa kelelahan setelah aktivitas luar ruangan seharian.

Namun bagi wisatawan yang menggunakan jasa operator untuk melayani wisata nya selama di Pulau Harapan, akan ada suguhan bakar ikan laut setelah selesai makan malam. Ini juga sebagai pengisi aktivitas malam hari juga sebagai penutup kegiatan wisata hari pertama di Pulau Harapan.

Selain barbeque, terkadang wisatawan punya inisiatif sendiri untuk mengisi aktivitas malam di Pulau Harapan. Mengunjungi Taman Terpadu Pulau Harapan untuk menikmati jajanan dan cemilan khas Pulau Harapan, ada juga wisatawan yang melepas lampion terbang, atau mengisi malam dengan genjrengan gitar dan nyanyi bersama.
Mungkin Anda punya ide lain untuk mengisi wisata malam di Pulau Harapan?

6. Konservasi Penyu Di Pulau Kelapa Dua

penyu sisik di pulau kelapa dua Pulau Kelapa Dua adalah pulau yang masuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Kelapa Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Adalah pulau tersendiri yang bisa kita capai hanya dalam waktu 5 menit saja dari Pulau Harapan menggunakan perahu jelajah.

Pulau Kelapa Dua memiliki lokasi penangkaran penyu sisik yang bisa dikunjungi wisatawan selama wisata. Biasanya Pulau Kelapa Dua dijadikan opsi untuk kunjungan di hari ke dua wisata di Pulau Harapan. Dalam paket-paket Wisata Pulau Harapan biasanya kunjungan ke Pulau Kelapa Dua bersifat opsional, kenapa?

Jadwal keberangkatan dari Pulau Harapan kembali ke Jakarta menggunakan kapal feri adalah pukul 11.00 WIB, bagi para wisatawan disarankan untuk sudah stand by di dermaga pukul 10.00 WIB. Terkadang wisatawan memilih untuk berleha-leha di homestay dan persiapan untuk check out, biar tidak terburu-buru dan tertinggal kapal kembali ke Jakarta. Akhirnya memilih untuk tidak berkunjung ke Pulau Kelapa Dua.

Tapi jika Anda menggunakan Speedboat via Marina Ancol, ada keleluasaan waktu untuk berkunjung ke pulau Kelapa Dua karena jadwal keberangkatan menuju Marina adalah pukul 14.00 WIB. Cukup banyak waktu di pagi hari untuk mengunjungi Pulau Kelapa Dua.

Penginapan Homestay Pulau Harapan Kepulauan Seribu

penginapan homestay wisata pulau harapan Homestay di Pulau Harapan adalah satu-satunya jenis akomodasi yang disediakan oleh penduduk atau pemilik rumah di pulau Harapan untuk penginapan para wisatawan selama melaksanakan liburan di pulau.

Tentu saja karena berbentuk rumah, fasilitas yang ditawarkan setiap penginapan Homestay di Pulau Harapan mirip dengan fasilitas yang terdapat dirumah-rumah tinggal. Namun jangan khawatir, setiap Homestay yang ditawarkan di Pulau Harapan sudah dilengkapi dengan AC atau pendingin ruangan.
Karena memiliki luas bangunan yang tidak seragam, sebagian penginapan homestay terdapat 3 kamar, 2 kamar, bahkan ada juga bangunan homestay yang memiliki hanya 1 kamar didalamnya.

Penduduk Pulau Harapan sudah sangat sadar bahwa sektor wisata saat ini menjadi salah satu penunjang utama perekonomian di Pulau Harapan. Itu sebabnya para pemilik homestay paham betul dalam menjaga bangunan agar tetap bersih, dan layak untuk di tinggali para wisatawan yang datang ke Pulau Harapan. [next]
pemandangan di pulau air pulau pramuka

2# Wisata Pulau Pramuka Kepulauan Seribu


Pulau Pramuka Sang Ibu Kota Pulau Seribu. Yes, Pulau Pramuka adalah Ibu Kota Dari Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta, yang juga masuk dalam bagian Kepulauan Seribu Utara. Memiliki luas sekitar 16 hektar yang dihuni kurang lebih 2.000 jiwa.

Pulau Pramuka ini dulunya bukanlah bernama Pulau Pramuka. Sebelumnya pulau ini diberi nama Pulau Elang, ini karena memang banyak nya burung jenis Elang Bondol yang ada di Pulau Pramuka saat itu. Elang Bondol sendiri adalah salah satu Maskot dari kota Jakarta selain Salak Condet.

Hingga saat ini Maskot Elang Bondol yang sedang bertengger diatas Salak Condet dapat kita lihat dijadikan tugu Maskot kota Jakarta di Pintu Tol Bintara, Cakung, Jakarta Timur.

Kenapa sekarang namanya menjadi Pulau Pramuka?
Sebelum dilaksanakan di Cibubur, kegiatan kepramukaan hingga berkemah diadakan di Pulau Seribu pada tahun 1950 hingga 1970-an. Karena sering nya kegiatan Pramuka diadakan di Pulau Elang ini, Pemerintah akhirnya mengganti nama Pulau Lang atau Pulau Elang yang berada di Kepulauan Seribu ini menjadi bernama Pulau Pramuka.

Kapal Penyebrangan Tujuan Pulau Pramuka

Penjelasan mengenai Kapal menuju Pulau Seribu, cara membeli tiket kapal, Jam keberangkatan via Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol dari Jakarta menuju Pulau Seribu sudah kita dapatkan di halaman sebelumnya secara singkat, begitupun perjalanan Kapal dari Pulau Seribu menuju kota Jakarta.

Karena itu kami lansung saja cantumkan Tabel Harga tiket tujuan Pulau Pramuka sekali Jalan dari dermaga Marina Ancol dan Muara Angke.

Harga Tiket Kapal Tujuan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

Note : Harga per Orang Tiket Kapal Sekali Jalan
TransportWeekdayWeekendDermaga
Kapal FerryIDR 92.000IDR 92.000Muara Angke
Speed BoatIDR 295.000IDR 295.000Marina Ancol

Baca Juga : Paket Open Trip Pulau Pramuka

7 Pilihan Aktivitas Wisata di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka Kepulauan Seribu memiliki keindahan yang juga tak kalah menarik lho dibanding pulau lain nya yang bisa kita jumpai di Pulau Seribu. Gitu juga dengan aktivitas wisata nya, tak perlu khawatir kehabisan ide untuk aktivitas selama berada di Pulau Pramuka.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan saat wisata di Pulau Pramuka.

1. Snorkeling Menikmati View Underwater Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki beberapa spot snorkeling yang cukup menarik untuk aktivitas laut ini. Spot sekitar Pulau Air, spot snorkeling Karang Sempit atau spot snorkeling Semak Daun bisa dijadikan pilihan terbaik untuk snorkeling.

Jika kamu mengidolakan keindahan terumbu karang di tanah air, maka kamu akan menemukan terumbu karang yang tak kalah indahnya di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu ini. Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang sering dijadikan tujuan komunitas penyelam untuk kegiatan diving.

Arus bawah air nya yang relatif tenang, keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya di Pulau Pramuka menjadi alasan untuk memilih pulau ini menjadi tujuan aktivitas bawah laut. pemandangan underwater pulau pramuka

2. Island Hopping Pulau Pramuka

Dalam Aktivitas wisata Island Hopping kita bisa berkunjung ke beberapa pulau yang berdekatan dengan Pulau Pramuka. Untuk menyebranginya, kita cukup menggunakan perahu jelajah yang banyak tersedia di Pulau Pramuka.

Pulau Air adalah salah satu pulau yang paling populer dikunjungi dalam kegiatan wisata island hopping atau lompat pulau ini. Pulau Gosong Patrick, Pulau Semak Daun juga menjadi tujuan yang tak terlewatkan untuk dikunjungi saat kita sedang mengisi wisata di Pulau Pramuka.

Jangan lupa memasukkan pulau-pulau tersebut dalam list destinasi yang akan Anda kunjungi jika sedang berada di Pulau Pramuka.

3. Berenang dan Main Pasir di Pantai

Selain untuk lokasi beristirahat pulau-pulau yang kita kunjungi dalam island hopping dapat dinikmati dengan diisi beberapa aktivitas pantai seperti berenang dan main pasir disekitar pantai.

Pulau Gosong Patrick Pulau Pramuka misalnya, pulau ini adalah pulau pasir yang tidak ditumbuhi satupun tumbuhan. Pulau pasir ditengah lautan yang hanya akan terlihat ketika air laut dalam keadaan surut. Selain berfoto dan berenang, pulau ini sering juga di jadikan tempat bermain pasir oleh para wisatawan.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise Pulau Pramuka

Salah satu keindahan yang dapat kita rasakan saat berada dipantai yaitu cantiknya saat matahari menyapa dan matahari tenggelam yang membuat kita selalu ingin mengabadikan momen nya.

Setelah menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas seharian, kita mengakhirinya dengan melihat pemandangan sunset dari dermaga Pulau Pramuka dengan bersantai dan berbincang bersama teman seperjalanan.

Pagi hari kita mengawali aktivitas dengan melihat pemandangan sunrise masih dari pelabuhan Pulau Pramuka. Kita bisa melihat panorama sunrise sambil menikmati minuman hangat yang bisa kita dapatkan di warung-warung sekitar dermaga.

5. Watersport dan Permainan Air

Selain berenang dan snorkeling, aktivitas wisata di air lainnya yaitu water sport seperti Banana Boat, Canoe ataupun Jet Ski bisa kita dapatkan di Pulau Pramuka. Permainan ini bisa kita temukan di sekitar dermaga Pulau Pramuka.

Banana Boat adalah water sport yang paling diminati wisatawan dan sangat popular di Pulau Pramuka. Perahu berbentuk pisang yang dapat dinaiki 5 orang ini akan ditarik oleh Speed Boat dengan kecepatan tinggi yang nantinya akan membuat Banana Boat melompat ketika bertemu dengan gelombang kecil, ini bisa menjadi keseruan yang akan selalu diingat saat liburan.

Untuk bisa menikmati permainan ini, kita harus mengeluarkan biaya yaitu 35 ribu per orang untuk wahana Banana Boat, 35 ribu untuk single canoe, 50 ribu untuk double canoe, dan sekitar 150 ribu untuk sewa jetski berdurasi 15 menit. taman nasional kepulauan seribu

6. Spot Foto Taman Nasional Kepulauan Seribu

Saat ini Pulau Pramuka memiliki destinasi yang bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu, yaitu taman terapung yang dibangun pemerintah untuk melengkapi aktivitas wisata santai para wisatawan yang berada di Pulau Pramuka.

Destinasi ini bisa dijadikan tempat untuk berfoto dan menikmati pemandangan sambil menyusuri jalan kayu yang dibuat terapung diatas laut mengelilingi hutan mangroove di sekitar Pulau Pramuka. Kita bisa masukkan Taman Nasional Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka ini menjadi agenda kunjungan kita sebelum kembali ke kota Jakarta.

7. Mengunjungi Konservasi Penyu Sisik dan Hiu Nusa Keramba

penangkaran penyu sisik pulau pramuka Untuk mengunjungi Nusa Keramba kita harus menggunakan Perahu jelajah karena memang lokasi nya berada disebuah restoran terapung bersebelahan dengan Pulau Pramuka.

Selain sebagai restoran, dilokasi ini kita bisa menemukan kolam yang di buat pengelola sebagai tempat konservasi ikan Hiu yang berada persis di depan restoran. Lokasi ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk melihat hiu kecil secara langsung.

Pulau Pramuka juga memiliki penangkaran penyu sisik yang lokasi nya juga tidak jauh dari dermaga Pulau Pramuka. Terdapat kolam-kolam kecil yang berisi penyu kecil atau tukik hingga Penyu Sisik dewasa di penangkaran penyu Pulau Pramuka ini. Anda boleh menyentuh penyu-penyu sambil berfoto mengabadikan momen bersama penyu di lokasi ini.
Penyu Sisik bernama latin Eretmochelys imbricata, dapat tumbuh sepanjang 1 meter, dengan berat hingga 80 kilogram. Memiliki dua cakar di setiap sirip dengan bentuk kepala memanjang dan paruh yang tajam. Penyu Sisik adalah salah satu species penyu yang dilindungi karena keberadaannya sudah terancam punah

Penginapan Homestay Pulau Pramuka

Homestay Pulau Pramuka. Sama seperti Pulau Seribu berpenduduk lainnya, penginapan yang ditawarkan dalam Paket Wisata di Pulau Pramuka adalah berupa Homestay. Dulu konsep Homestay yang terdapat di Pulau Seribu adalah bangunan rumah penduduk yang di alihkan fungsinya menjadi penginapan untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu.

Namun saat ini sudah banyak bangunan homestay yang dibangun penduduk Pulau Seribu yang memang dikhususkan untuk urusan akomodasi dan penginapan para wisatawan yang datang. Semua homestay sudah dilengkapi AC untuk menambah kenyamanan tamu-tamu yang menginap.

penginapan homestay pulau pramuka Fasilitas Homestay Pulau Pramuka : 1 Kamar, 1 ruang depan, 2 kamar mandi, 3 Bed ukuran Queen, AC, TV, Despenser air mineral [next]

3# Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan

Pulau Pari dengan Pantai Pasir Perawan nya yang Ikonik. Dari lima Pulau Wisata di Pulau Seribu yang kita ulas di halaman ini, Pulau Pari lah yang lokasi nya paling dekat dari Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol kota Jakarta.

Hanya berjarak 44 kilometer saja dari Kota Jakarta, kalau kita menuju Pulau Pari menggunakan kapal Ferry dari dermaga Muara Angke makan waktu sekitar 1,5 jam, menggunakan speed boat dari Marina Ancol hanya sekitar 45 menit saja untuk bisa sampai di Pulau Pari.

Pulau Pari masih bagian dari wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu yang masuk dalam kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Luas pulau nya sekitar 41 Hektar, dihuni oleh kurang lebih 265 Kepala Keluarga.

Wisata Satu Hari di Pulau Pari

Karena jarak dan waktu tempuh nya yang dianggap terdekat dan tercepat dari Dermaga, banyak wisatawan yang hanya memiliki waktu sehari liburan menjadikan Pulau Pari sebagai tujuan wisatanya. Cukup waktu untuk mendapatkan aktivitas snorkeling, menuju Pantai Pasir Perawan, dan explore Pulau Pari selama wisata.

Ini menjadi salah satu kelebihan Pulau Pari, jika Kamu hanya punya sehari namun ingin wisata di Pulau berpenduduk di Pulau Seribu, di Pulau Pari Kamu akan dapat waktu yang lebih panjang untuk dinikmati saat wisata.

Harga Tiket Kapal Menuju Pulau Pari

Berikut adalah harga Tiket Kapal tujuan Pulau Pari dari Dermaga Marina Ancol dan Muara Angke,

Note : Harga per Orang Tiket Kapal Sekali Jalan
TransportWeekdayWeekendDermaga
Kapal FerryIDR 72.000IDR 72.000Muara Angke
Speed BoatIDR 205.000IDR 205.000Marina Ancol

Namun Jika Anda ingin mendapatkan Paket Wisata lengkap di Pulau Pari Kepulauan Seribu termasuk dengan pengurusan tiket Kapal, penginapan, makan, dan aktivitas wisata, Anda bisa pelajari lewat link berikut.

Baca Juga : Harga Paket Wisata Open Trip Pulau Pari snorkeling destinasi pulau pari kepulauan seribu

Aktivitas Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu

Tema wisata di Pulau Pari sama dengan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu, yaitu Wisata Bahari. Snorkeling, bermain di pantai, dan beberapa aktivitas lainnya bisa kita dapatkan di Pulau Pari. Mari kita lihat beberapa aktivitas wisata yang bisa kita lakukan di Pulau Pari.

1. Snorkeling Menikmati Underwater Pulau Pari

Snorkeling layak kita lakukan selama wisata di Pulau Pari. Pada tahun 2016 pemerintah melakukan program pemulihan ekosistem terumbu karang untuk konservasi dan wisata edukasi kelautan di wilayah Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan. Program pemulihan yang dilakukan pemerintah dimasa lalu tentu bisa kita nikmati hasil nya saat sekarang ini.

Snorkeling di Pulau Pari kita akan disajikan pemandangan keragaman terumbu karang bawah laut yang menarik. Begitu juga dengan biota laut lain nya, beragam ikan dengan bermacam ukuran dapat kita lihat secara langsung di spot snorkeling sekitar Pulau Pari.

2. Bersepeda Menyatu Dengan Masyarakat Pulau Pari

Sepeda menjadi salah satu alat transport utama di Pulau Pari, kita tidak akan menemukan jenis kendaraan roda 4 di pulau ini, begitu juga dengan pulau lainnya di gugusan Pulau Seribu. Selain sarana jalan yang memang dibuat khusus untuk dilalui kendaraan kecil, juga luas pulau memang tidak membutuhkan kendaraan besar untuk menuju lokasi yang relatif dekat kemana-mana.

Selama wisata di Pulau Pari kita akan menggunakan sepeda menuju destinasi-destinasi wisata yang tersebar di beberapa sudut pulau.

Selain bisa menikmati udara bersih pantai, dengan bersepeda di Pulau Pari kita akan merasakan pengalaman seperti menjadi penduduk asli Pulau Pari yang juga menggunakan sepeda sebagai salah satu alat transportasinya.

3. Menikmati Sunset dan Sunrise Pulau Pari

sunset destinasi pulau pari Pemandangan Sunset dan Sunrise sebenarnya bisa kita dapatkan dari mana saja, seperti di sela-sela pegunung, diantara gedung tinggi perkotaan, atau lahan persawahan. Tetap saja pemandangan fenomena alam ini memiliki pancaran warna cahaya yang indah untuk di pandang.

Pantulan warna dari cahaya Matahari yang menimbulkan bayangan di permukaan laut adalah pemandangan yang menjadi ciri menarik dari Sunset dan Sunrise bila kita menikmatinya dari Pulau kecil di tengah laut. Anda musti mencoba dan menyaksikan langsung keindahan nya dari Pulau Pari.

4. Berenang di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Destinasi pantai pasir perawan pulau pari Pantai Pasir Perawan yang juga menjadi ikon Pulau Pari ini wajib kita kunjungi selama berada di Pulau Pari. Pemandangan pantai kearah utara Pulau Pari ini di selimuti pasir yang putih bersih dan lembut.

Air nya bening dan bersih, meskipun banyak wisatawan berkunjung dan berenang di Pantai Pasir Perawan namun masayarakat cukup cekatan menjaga agar kebersihan di pantai ini tetap terjaga baik. Hutan Mangroove yang tumbuh padat disekitar pantai ikut menjaga kejernihan air sebagai penyaring alami.

Tersedia penyewaan perahu dayung yang bisa mengantarkan kita menjelajahi jalur air ditengah rimbunan hutan mangroove di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari.

Asal muasal pemberian Nama Pantai Pasir Perawan
Nama Pantai Pasir Perawan yang disematkan untuk pantai cantik ini ternyata bukan tanpa alasan. Ada cerita unik tentang kisah cinta sepasang kekasih yang menjadikan pantai ini bernama Pantai Pasir Perawan. Supaya lebih menarik, Anda bisa meminta penduduk asli Pulau Pari yang terkenal ramah untuk menceritakan kisahnya secara langsung di tengah keindahan alam Pulau Pari.

5. Memacu Adrenalin Lewat Permainan Water Sport Banana Boat

Satu lagi aktivitas pengisi wisata di Pulau Pari yang akan melengkapi masa liburan kita. Pagi hari sebelum kembali ke dermaga Muara Angke atau Marina Ancol, kita bisa isi dengan aktivitas pemacu adrenalin di sekitar dermaga Pulau Pari, atau bisa memilih waktu setelah kembali dari aktivitas snorkeling.

Untuk permainan Banana Boat hanya cukup membayar 30-35K per orang nya, satu Banana Boat akan diikuti oleh 5 orang penumpang. Silahkan bersiap-siap untuk merasakan keseruan ketika seluruh penumpang terjatuh ke laut dari banana boat yang ditarik oleh speedboat ini. Jangan khawatir, Anda akan langsung dijemput oleh speedboat dan dibantu untuk kebali naik Banana boat oleh pemandu wisata.

Wisata Pulau Pari, Solo Traveling? atau Mengikuti Paket Wisata?

Wisata di Pulau Pari dengan merencanakan sendiri perjalanan wisata Anda?, Ikut bergabung dengan wisatawan lain dalam satu perjalanan?, Atau ingin pelayanan sangat personal bersama rekan-rekan kerja atau dengan Keluarga?

Apapun keputusan yang diambil, yang terpenting semua informasi destinasi wisata di pulau yang Anda tuju di Pulau Seribu sudah tercukupi. Namun bila Anda membutuhkan pelayanan wisata dan menginginkan aktivitas, akomodasi, konsumsi dan semua kebutuhan untuk kesenangan wisata Anda di persiapkan didepan, Kami siap membantu.

Anda bisa menyentuh atau klik link berikut untuk melihat beragam Paket Wisata Pulau Pari yang bisa di ambil untuk liburan Anda di Pulau Seribu.

Baca Juga : Paket Wisata Pulau Pari

[next]

4# Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan

Destinasi Pulau Seribu selanjutnya adalah Pulau Tidung. Pulau Tidung berada dibawah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Kelurahan Pulau Tidung sendiri terbagi menjadi dua buah pulau yaitu Pulau Tidung Besar, dan Pulau Tidung Kecil.

Pemukiman penduduk hanya terdapat di Pulau Tidung Besar, sedangkan Pulau Tidung Kecil dijadikan sebagai Pulau kawasan pengembangbiakan tanaman mangroove, lokasi Konservasi Penyu, juga terdapat museum kerangka Ikan Paus Sperma yang bangkainya pernah terdampar di Pulau Tidung.

Jembatan Cinta Pulau Tidung

jembatan cinta destinasi pulau tidung

Sebagai penghubung Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, pemerintah membangun sebuah jembatan sepanjang 800 meter agar wisatawan dan masyarakat Pulau Tidung tidak harus menggunakan perahu untuk bisa menyebrang ke Pulau Tidung Kecil.

Jembatan Cinta sebagai ikon Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Menyaksikan Sunrise, berenang, trekking meyusuri jembatan menuju Pulau Tidung Kecil, wahana watersport, dan bersantai menikmati minuman adalah aktivitas yang dilakukan wisatawan di sekitar Jembatan Cinta.

Jangan lewatkan wisata disekitar Jembatan Cinta jika Anda sedang mengisi liburan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan ini. Satu lagi hal seru yang patut dicoba, terjun bebas kelaut dari atas Jembatan Cinta, ini layak dicoba.

Cara Menuju Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Sama seperti Pulau Harapan, Pari dan Pramuka, kita bisa mendatangi Pulau Tidung melalui dua dermaga dengan dua jenis kapal nya yang beroperasi, yaitu :
  1. Kapal Ferry dari Dermaga Muara Angke
  2. Kapal Cepat/Speedboat dari Dermaga Marina Ancol
Berikut daftar harga tiket masing-masing kapal untuk tujuan Pulau Tidung.

Harga Tiket Kapal Tujuan Pulau Tidung

Note : Harga per orang Tiket Kapal menuju Pulau Tidung Sekali Jalan dari Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol
TransportWeekdayWeekendDermaga
Kapal FerryIDR 82.000IDR 82.000Muara Angke
Speed BoatIDR 205.000IDR 205.000Marina Ancol

Jadwal Perjalanan Kapal Tujuan Pulau Tidung

  • Kapal Ferry | Dermaga Muara Angke : Berangkat Pukul 07.30
  • Speedboat | Dermaga Marina Ancol : Berangkat Pukul 08.00 | Dari Dermaga 16 atau 17
Notes : Disarankan sudah stand by di dermaga Marina Ancol pukul 07.00 WIB untuk registrasi. Sedangkan penumpang dari Dermaga Muara Angke disarankan sudah tiba di dermaga paling lambat pukul 06.30 WIB agar tidak terhalang kemacetan lalu lintas di pasar Muara Angke.

Aktivitas Wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

pantai destinasi pulau tidung kepulauan seribu

1. Aktivitas Pinggir Pantai

Sama seperti jika Wisata di Pulau Pari, kegiatan wisata lebih banyak dilakukan di Pulau Tidung sendiri. Wisata keluar dari Pulau Tidung dilakukan saat menuju spot snorkeling, atau jika air laut tidang sedang berombak besar, perjalanan bisa dilajutkan menuju Pulau Payung.

Tapi wisata di kedua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil juga tak kalah asik nya lho. Banyak pantai-pantai landai di sekitar pulau yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas Wisata di Pulau Tidung. Berenang dipantai sekitar Jembatan Cinta jadi pilihan banyak wisatawan untuk mengisi liburan di Pulau Tidung.

2. Snorkeling sekitar Pulau Tidung Kecil

spot snorkeling tidung kecil pulau seibu Pulau Tidung memiliki ekosistem yang cukup beragam seperti ekosistem hutan mangrove, ekosistem tumbuhan lamun, ekositem terumbu karang, dan memiliki kawasan lindung yaitu Taman Nasional Cagar Laut Kepulauan Seribu.

Seperti terlihat di kamera underwater diatas, saat snorkeling di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan ini, kita akan di temani segerombol ikan kecil sergant major diatas bermacam jenis terumbu karang. Jangan heran jika kamera underwater bisa sampai tertupi oleh ikan-ikan kecil ini saat berfoto di spot snorkeling Pulau Tidung Kecil.

3. Bersepeda Keliling Pulau Tidung

sepeda wisata di pulau tidung Untuk menikmati keindahan disetiap sudut Pulau Tidung, wisatawan cukup menggunakan sepeda saja. Selain sebagai sarana transportasi, sepeda juga menjadi salah satu aktivitas wisata yang cukup menghibur di destinasi Pulau Tidung.

Sepeda di Pulau Tidung tidak dilengkapi dengan boncengan. Tapi jangan khawatir, bagi wisatawan yang tidak bisa menggunakan sepeda seperti anak balita misalnya, kita bisa menyewa bentor untuk mengantarkan kita ke lokasi yang dituju di Pulau Tidung. cukup membayar biaya antara 50-100 ribu untuk melayani wisatawan seharian selama wisata di Pulau Tidung.

4. Berenang Dan Terjun Bebas Dari Jembatan Cinta Tidung

Jembatan Cinta Tidung bukan hanya memiliki pemandangan sekitar yang cukup menawan, Jembatan Ikonik penghubung Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ini juga menyimpan mitos di balik nama nya.

Bertemunya kembali sepasang kekasih yang sudah terpisah sekian lama adalah inti cerita yang mengikuti Jembatan Cinta Pulau Tidung. Beredar pula anggapan bahwa siapa saja yang berani terjun bebas kelaut dari atas Jembatan Cinta Tidung, akan menemukan jodohnya dalam waktu yang tak lama lagi.

Lalu bagaimana dengan wisatawan yang sudah memiliki pasangan, akankah juga akan mendapatkan pasangan tambahan? Silahkan coba sendiri ya... :)

5. Sunset dan Sunrise Pulau Tidung

pemandangan sunset dan sunrise wisata pulau tidung Pemandangan Sunset di Pulau Tidung bisa kita dapatkan di Tanjung Barat. Kita harus menaiki sepeda sekitar 1 kilometer ke arah Barat Pulau Tidung, dan berhenti di sebuah pantai dengan 2 cafe yang tersedia. Kedua Kafe tersebut bernama Saung Sunset Tanjung Barat dan Saung Perawan.

Wisatawan biasanya menikmati minuman dan makanan ringan di kedua kafe ini sambil menanti pemandangan Sunset di Pulau Tidung.

Aktivitas menanti Sunrise kembali bisa kita dapatkan di Jembatan Cinta Pulau Tidung. Pemandangan terbitnya matahari dari atas jembatan ditengah lautan pasti bikin foto-foto akan sangat menarik saat Wisata Pulau Tidung.
[next]

Akhirnya destinasi Pulau Seribu yang termasuk dalam wilayah DKI Jakarta dibuka kembali untuk para wisatawan. Beberapa aturan untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu pun di terapkan untuk mencegah terjadinya penularan virus.

Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka serta Jajaran Pulau Resort sudah bisa kembali dinikmati para wisatawan yang ingin mengisi akhir pekan di Kepulauan Seribu. Tentu saja dengan wajib mengikuti prosedur New Normal yang sudah di tetapkan selama melaksanakan wisata di Pulau Seribu.

Berikut ini adalah aturan yang wajib di ikuti wisatawan bila ingin melaksanakan wisata di Pulau Seribu Jakarta.






Judul: Wisata Pulau Seribu? Simak 4 Pulau Wisata Terlaris di Kepulauan Seribu; Ditulis oleh irwansyah; Rating: 4.8 dari 5

COMMENTS

explore pulau harapan
explore pulau harapan
paket wisata Open Trip Bromo
Nama

adventure,13,agrowisata,2,aktivitas,6,baluran,3,bandung,3,banten,7,batu,1,berita,1,body rafting,1,bromo,6,budaya lokal,1,cagar alam,1,candi,2,desa wisata,1,destinasi,22,dieng,4,ekowisata,1,explore,9,fasilitas,3,field trip,1,flora,1,gunung,6,headline,1,homestay,1,jeram,3,keluarga,5,konservasi,4,lansekap,2,malang,1,malang selatan,4,mercusuar,1,pangandaran,7,penginapan,3,perahu jelajah,1,pulau harapan,6,pulau seribu,9,resort,2,river tubing,1,safari,3,santirah,1,satwa liar,7,sendangbiru,3,sunrise,4,sunset,2,taman nasional,9,tips,1,transportasi,1,travel story,2,trekking,4,ujung kulon,11,wisata alam,19,wisata anak,1,wisata edukasi,2,wisata jawa barat,9,wisata jawa tengah,4,wisata jawa timur,17,wisata kota,2,wisata pantai,14,wisata pulau,9,wisata sejarah,2,
ltr
item
Wisata Pulau Jawa: Wisata Pulau Seribu? Simak 4 Pulau Wisata Terlaris di Kepulauan Seribu
Wisata Pulau Seribu? Simak 4 Pulau Wisata Terlaris di Kepulauan Seribu
Wisata Pulau Seribu, destinasi wisata pulau dan pantai yaitu Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Resort Kepulauan Seribu
https://1.bp.blogspot.com/-n-88tsy6VDM/VyIhS7TAn5I/AAAAAAAAC4w/stErDJcJPGkxzyho4fhkErvi_SVuMV1mwCLcB/s640/pulauperak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-n-88tsy6VDM/VyIhS7TAn5I/AAAAAAAAC4w/stErDJcJPGkxzyho4fhkErvi_SVuMV1mwCLcB/s72-c/pulauperak.jpg
Wisata Pulau Jawa
https://www.tourdejava.net/2020/07/wisata-pulau-seribu-new-normal.html
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/
https://www.tourdejava.net/2020/07/wisata-pulau-seribu-new-normal.html
true
2857820262682401713
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy